samsung galaxy z flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 – Halo Sobat Tekno Advisor. Pada pertangan tahun 2021 samsung telah merilis hp lipat terbaru mereka yaitu Samsung Z Flip 3 dan Fold 3. Kedua hp samsung tersebut sukses membuat seluruh netizen di Indonesia hingga luar negeri salah fokus dengan desainnya.

Wajar saja semua orang menjadi salah fokus saat melihat Samsung Galaxy Z Flip 3 karena desain dan bentuk hp ini begitu unik dan cantik, seperti bedak yang biasa di pakai oleh perempuan. Bentuk ini juga yang membuat hp samsung begitu unik karena tentunya untuk pemakaian sehari – hari akan berbeda dengan hp – hp yang konvesional.

Samsung Galaxy Z Flip 3 ini memang sangat menjual desainnya yang sangat fashionnable. Begitu banyak peningkatan dari generasi sebelumnya mulai dari teknologi layar lipatnya, lalu frame yang di sebut oleh samsung Armor Aluminium yang di klaim menjadi bahan terkuat yang ada di sebuah hp dan juga layar covernya yang sekarang lebih besar.

Namun apakah hp ini hanya menjual desain saja dan di bagian lain rela di korban demi mendapatkan desain yang fashionnable dan cantik ? Jika kalian penasaran kalian dapat terus membaca ulasan tentang Samsung Galaxy Z Flip 3 ini, sebagai referensi bagi kalian yang ingin membeli hp ini atau hanya sekedar ingin tahu saja.

SPESIFIKASI

  1. Body

  • Open : 2 x 166 x 6.9 mm
  • Close : 2 x 84.4 x 17.1~15.9 mm
  • Weight : 183g
  • Material : Back Glass (Gorilla Glass Victur). Alumunium Frame
  • IPX8 Water Resistant
  1. Screen

  • Main Screen : 7” Dynamic AMOLED 2X (2640 X 1080) 22 : 9 120Hz
  • Cover Screen : 9” Super AMOLED (260 x 512)
  1. Platfrom

  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 888 5G (5nm) Octa-core
  • GPU : Adreno 660
  • OS : Android 11, One UI 3.1.1
  1. Memory

  • RAM : 8GB
  • ROM : 128GB / 256GB
  1. Camera

  • Main : 12MP Wide. 12MP Ultra wide
  • Selfie : 10MP
  1. Battery

  • Capacity : 300mAh
  • Charging : Fast Charging 15W

HARGA

Samsung Galaxy Z Flip 3 8/128GB : Rp. 14.999.000

Samsung Galaxy Z Flip 3 8/256GB : Rp.15.999.000

REVIEW

Desain

Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 dari segi desain menjadi kekuatan utama, bagaimana tidak dengan desain hape yang bisa di lipat membuat hp ini menjadi pusat perhatian jika kalian sedang berada di luar. Samsung sepertinya ingin membedakan target pasar mereka di Samsung Galaxy Z Flip 3 dengan Fold 3.

Baca Juga :   Samsung Galaxy S21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Dimana Samsung Galaxy Z Fold 3 di targetkan kepada power user, yang memakai smartphone untuk kebutuhan berat dan bisnis. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Z Flip 3 di targetkan kepada user casual yang memakai hpnya untuk kegiatan sehari – hari, sehingga dari bentuknya Z Flip 3 ini seperti hp normal lainnya jika dalam keaadan terbuka, berbeda dengan Z Fold 3 yang jika dibuka lebih mirip tablet.

Bukan hanya cantik di pandang saja hp ini juga memakai bahan yang kualitasnya terbaik, seperti frame yang berbahan Alumunium yang di klaim Samsung alumunium di hp ini adalah yang paling kuat. Untuk bagian belakang Samsung juga memakai Gorilla Glass Victus dimana kaca ini yang terbaik untuk saat ini.

Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 ini juga memiliki 4 warna yaitu Cream, Phantom Black, Green dan Lavender. Khusus untuk warna cream dan lavender merupakan hero color dari Z Flip 3 ini. Dibagian belakang juga samsung menyematkan layar kedua yang letaknya di sebelah kamera belakang dengan memiliki bentang layar 1.9 inci, layar ini di fungsikan sebagai quick acces seperti untuk mengecek notifikasi, jam, sisa baterai, mengatur volume, view finder kamera belakang dan masih banyak lainnya. Apa saja yang bisa di tampilkan di layar tersebut dapat kita atur sendiri.

Layar

Samsung Galaxy Z Flip 3

Untuk bagian layar hp ini memiliki 2 di bagian utama atau di depan dan layar keduanya di bagian cover belakang. Untuk layar kedua Z Fliip 3 ini memakai panel Super AMOLED 1.9 inci, layar tersebut berfungsi sebagai AOD (Always On Display) Samsung Galaxy Z Flip 3 yang dapat menampilkan berbagai macam informasi dan juga quick acces.

Sementara untuk layar utama Samsung Z Flip 3 yang bisa di lipat ini memakai panel Dyanmic AMOLED 2X 6.7 inci FullHD+ 120Hz adaptif. Walau layar ini di hp ini bukan memakai kaca kerena memang belum ada kaca yang dapat di lipat tapi kualitas yang di tampilkan sangat baik khas AMOLED Samsung yang terkenal dengan warna yang goncreng dan warna hitam yang pekat.

Baca Juga :   Samsung Galaxy Z Fold 3 : HP Masa Depan Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3

Karena layar di hp ini berbeda dengan layar hp biasanya yang menggunakan kaca, maka rasa saat menggunakannya juga berbeda, kalian harus menekannya dengan hati – hati jangan terlalu di tekan dengan keras apalagi jika terkena benda – benda tajam bahkan hindari juga jika kalian yang senang memakai kuku untuk menyentuh layar.

Kerena layar ini dapat di lipat maka tentunya akan muncul bekas lipatannya, walau jika kita sudah terbiasa tidak akan mengganggu. Memang saat ini teknologi layar lipat belum sekuat layar biasa dan masih berbekas, tetapi di harga dibawah 20 juta merupakan harga yang masuk akal untuk hp lipat dengan desain yang canik dan performa terbaik.

Perfroma

Samsung Galaxy Z Flip 3

Hp di tenagai dengan chipset terkencang dari Qualcomm saat ini yaitu Snapdragaon 888 5G (5nm) Octa-core dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB dan 256GB. Diatas kertas speksifikasi hp ini sudah di katakang dewa karena sudah memakai chipet terkencang dan ram yang lega.

Akan tetapi pada samsung sepertinya agak membatasi performa dari snapdragon 888 yang di kenal cepat panas, mungkin untuk melindungi layar liatnya yang memang bukan terbuat dari kaca. Namun hal itu akan terasa saat kita bermain game Genshin Impact, dengan settingan medium saja di hp ini sangat berasa patah – patah.

Namun untuk game yang lainnya masih aman masih dapat settingan mentok rata kanan, yah mungkin memang wajar samsung membatasi kemampuan SD888 ini karena panas yang berlebih akan berbahaya kepada layar utama Samsung Galaxy Z Flip 3 ini.

Samsung Galaxy Z Flip 3

Tapi untuk pemakaian sehari – hari hp ini tidak ada masalah dengan ram lega multitasking di hp ini juga lancar apalagi dengan desain yang bisa di lipat ini beberapa aplikasi sudah bisa memanfaatkanya seperti kamera jika di tekuk 90 derajat pada bagian setengah atas layar ini akan menjadi view finder sisanya akan menjadi kontrol jadi memudahkan kalian yang hobi membuat tiktok tiperlu lagi memakai tripod.

Namun mungkin hal yang harus kalian perhatikan adalah kapasitas baterainya yang tergolong kecil di 3.300mAh saja, mungkin untuk pemakaian kasual tanpa bermain game hp ini masih sanggup sampai sore atau malam hari, tetapi jika di pakai secara berat mungkin di tengah hari atau sore hari hp ini sudah harus di cas. Dengan support charging yang hanya 15W saja akan membutuhkan cukup banyak waktu untuk mengisi baterai ini dari keadaan kosong hingga penuh.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Kamera

Samsung Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 ini memiliki setup dua kamera belakang 12MP Kamera Utama dengan OIS dan 12MP Kamera Ultra wide, untuk kamera selfie sebesar 10MP. Untuk hasil dari kamera utama yah sewajarnya sebuah flagship dengan detail tajam, warna yang hidup dynamic range luas sehingga tidak ada bagian yang terlalu terang atau terlalu gelap dan untuk lowlight juga hasilnya masih bagus yah hasil yang di tangkap keliatan banget dari hp kelas atas lah.

Untuk perekaman hp ini sanggup hinga resolusi 4K 30fps dengan hasil yang cukup stabil, warna yang masih akurat dynamic range luas, detail yang masih terjaga pokoknya kamera di hp ini bagus banget seperti flagship lainnya.

Samsung Galaxy Z Flip 3

Sedangkan untuk kamera selfie juga sama untuk foto bagus dengan warna kulitnya terlihat alami serta detail yang tajam, untuk lowligth meski ada penuruan tetapi masih oke dan jika ingin foto di lowlight sebaiknya pakai kamera belakang dengan memanfaatkan fitur di cover screenya.

Perekaman di kamera selifenya juga bisa sampai 4K 30fps, cukup stabil dengan detail yang tajam serta warna yang akurat. Memang kamera di Samsung Galaxy z Flip 3 ini mirip – mirip dengan saudaranya yaitu Z Fold 3 sudah sangat bagus namun tidak ada yang spesial.

KESIMPULAN

Samsung Galaxy Z Flip 3 ini untuk siapa sih ? Hp ini cocok untuk kalian yang sangat memperhatikan fashion apa yang kalian pakai hingga ke hp kalian sendiri serta ingin tampil beda dari kebanyakan orang, namun tetap ingin performa kencang dan kamera yang cakep. Hp ini juga merupakan hp lipat dengan harga yang paling masuk akal untuk di beli saat ini dengan semua teknologi dan inovasi di hp ini Samsung sukses membuat harga hp ini dibawah 20 juta.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Samsung S21 5G

Samsung Galaxy S21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Samsung Galaxy S21 –  Halo sobat Tekno Advisor, sepertinya yang kita ketahui bahwa samsung diawal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *