Laptop Xiaomi

Laptop Xiaomi Resmi : RedmiBook 15 Core i3

Laptop Xiaomi Resmi RedmiBook 15 – Halo Sobat Tekno Advisor. Akhirnya pada pertengahan tahun 2021 ini Xiaomi Indonesia meluncurkan produk terbaru mereka yaitu sebuah Laptop dengan seri RedmiBook 15. Seperti yang kita sudah tahu jika ada nama Redmi berarti produk tersebut memiliki harga terjangkau dengan spesifikasi tinggi.

Hal itu juga berlaku di laptop xiaomi satu ini sesuai namanya RedmiBook 15 layar yang di gunakan pada laptop ini berukuran 15 inci atau tepatnya 15.6 inci dan resolusinya sudah FullHD (1920 x 1080). Di harga kurang dari 10 juta membuat laptop ini begitu menarik untuk di pinang.

Untuk prosesor yang digunakan sudah menggunakan intel gen 11 (Tiger Lake) membuat performa laptop ini cukup menjanjikan serta ram yang cukup lega di 8GB. Dengan desain yang minimalis dan cenderung mirip dengan macbook jadi saat kita memakai laptop ini tidak terlalu norak karena desain yang minimalis.

Lalu Laptop Xiaomi ini dapat merusak pasar laptop di Indonesia seperti halnya dengan hp – hp mereka yang begitu kuat di setiap kelasnya. Jika kalian penasaran kalian dapat terus membaca ulasan dari laptop xiaomi RedmiBook 15 ini dari kami.

SPESIFIKASI DASAR

  1. Hardware

  • CPU                         : Intel® Core™ i3-1115G4 (3,0 GHz, 2 Core, 4 Thread, 6MB Cache) Generasi ke-11
  • GPU                         : Intel® UHD Graphics
  • RAM                         : DDR4 8GB 3200MHz Single Channel (No Upgrade)
  • Penyimpanan : SSD M.2 SATA 256GB atau SSD M.2 SATA 512GB* (Upgdradeable)
  • Kamera : 720p HD
  • Speaker : Stereo Speaker 2W+2W Audio DTS
  1. Software

  • Sistem Operasi : Windows 10 Home
  1. Layar

  • Ukuran : 6 inci
  • Panel : TN – TFT
  • Resolusi : 1920 x 1080p FullHD 60Hz
  • Fitur : DC Dimming, Anti Glare, 45% NTSC, 220 nits
  1. Baterai

  • Kapasitas : 46 Wh
  • Charger : Adapter 65W
  1. Konektivitas

  • Wireless : Bluetooth 5.0 & WiFi 5 2.4GHz/5GHz
  1. Port

  • HDMI 1.4 x 1
  • USB 3.2 Gen1 x 2, USB 2.0 x 1
  • Kunci Kensington: Ya
  • Ethernet (Lan): RJ45
  • Output Audio Digital Optik: Ya
  • Jack headphone 3.5 mm x 1
  • Slot SD: SD 3.0
  1. Dimensi

  • Ukuran : 8 x 243.5 x 19.9mm
  • Berat : 7 Kg di tambah charger 220gr total berat 1.92 Kg
  1. Paket Penjualan

  • Laptop x 1
  • Adaptor daya 65W x 1
  • Kabel daya x 1
  • Panduan pengguna x 1
  • Kartu garansi x 1
Baca Juga :   Laptop Asus Dengan Harga Dibawah 5 Juta

HARGA

RedmiBook 15 core i3 8GB+256GB         : Rp 6.999.000

REVIEW

Desain

laptop xiaomi

Soal desain laptop xiaomi ini mungkin akan langsung mengingatkan kita kepada laptop dari apple, mulai dari desain dan juga warna. Soal desain memang tidak buruk namun juga tidak ada yang istimewa dari laptop satu ini apalagi bahan yang di gunakan pada seluruh bodi laptop ini yaitu plastik.

Walau keseluruhan bodi laptop ini menggunakan plastik namun build quality laptop ini cukup solid dan kokoh, Xiaomi untuk soal build quality mereka memang jago walau memakai bahan plastik tapi tidak ada rasa ringkih sama sekali saat memakai laptop xiaomi ini.

laptop xiaomi

Untuk kelengkapan port dan konektivitas laptop ini sudah cukup lengkap dengan adanya 3 buah USB, 2 buah USB 3.2 Gen1 dan 1 USB 2.0, serta masih satu buah HDMI, port LAN, Combo Audio Jack, serta port untuk sebuah MMC. Memang cukup di sayangkan di tahun 2021 laptop xiaomi ini tidak memiliki port USB Type-C namun di kelas harganya ini sudah cukup untuk pemakaian sehari – hari.

Apalagi Xiaomi di laptop ini sudah memberikan dua buah port USB 3.2 Gen1 yang memiliki kecepatan lebih kencang jika di bandingkan dengan USB 2.0, membuatnya dapat untuk membaca hardisk eksternal jika penyimpanan di laptop ini tidak cukup.

laptop xiaomi

Untuk keyborad di laptop xiaomi ini memakai desain chiclet yang membuat tombol arah tidak ada yang terpotong membuat penggunaan nya cukup nyaman. Keyboard ini memiliki key travel di angka 1.5mm membuat mengetik di keyboard ini cukup nyaman karena jaraknya yang terbilang pas namun sayangnya keyboard ini belum di lengkapi dengan backlit namun mengingat harganya yang di kisaran 7 juta hal ini masih wajar karena laptop dari merk yang lain juga masih tidak memiliki backlit.

Baca Juga :   Laptop Asus Dengan Harga Dibawah 5 Juta

Laptop Xiaomi ini memiliki touchpad yang terbilang cukup besar dengan ukuran 126mm x 82.6mm, membuat pengoperasin touchpad ini sangat leluasa, tapi memang untuk klik kiri dan klik kanan tidak di sediakan tombol terpisah tapi respon dari touchpad ini sangat responsif dan presisi. Dengan posisi berada di tengah dan sedikit ke kanan dari spacebar untuk penggunaan tangan kiri maupun kanan tidak ada masalah.

Layar

laptop xiaomi

Layar di laptop ini cukup besar dengan ukura 15.6 Inci Full HD (1920 x 1080) dan memiliki DC Dimming, mungkin angka dan spesifikasi tersebut cukup menarik namun sayangnya layar di laptop xiaomi ini masih menggunakan panel TN dimana panel TN kurang konsisten saat kita tidak pas saat melihat layar ini.

Walau masih memakai panel TN tetapi resolusi yang di berika xiaomi untuk laptp ini sudah sangat bagus yaitu sudah FullHD membuat ketajaman gambar yang di hasilkan layar ini cukup tajam. Selain itu untuk bazel kanan kiri terbilang tipis namun untuk bagian bawah cukup karena logo redmi di situ dan di atas cukup tebal namun tidak setebal bazel bawah karena ada kamera 720p.

Untuk kamera di laptop xiaomi ini kalian jangan memasang hasil yang bagus walau 720p namun ini webcam di laptop berbeda dengan di hp, jadi hasilnya cukup saja untuk kebutuhan meeting online atau kelas zoom maupun google meet. Mungkin bagi kalian yang ini membeli laptop untuk kebutuhan sekolah ada baiknya untuk membeli webcam eskternal yang sudah 1080p.

Sayangnya layar di laptop ini tidak bisa untuk di pakai editing photo maupun video, selain panelnya yang TN membuat viewing angle yang sempit, layar ini juga hanya memiliki 45% NTSC saja jadi warna yang di keluarkan juga kurang akurat.

Performa

laptop xiaomi

Di laptop Xiaomi ini ada dua profile performa yaitu Mode Slient dan Balance mode tersebut dapat di akses menggunakan kombinasi Fn + K, jadi kalian dapat menyesuaikan performa dari laptop ini tergantu kebutuhan kalian saat berada di luar dan laptop tidak sedang tercolok dengan daya.

Baca Juga :   Laptop Asus Dengan Harga Dibawah 5 Juta

Lalu untuk hasil pengujian di mode balanced kami telah mendapatkan beberpa hasil pengujian RedmiBook 15 ini. dan inilah beberapa hasil dari aplikasi benchmark dengan keadan laptop sedang on charge.

  1. Cinebench R15

Untuk hasil benchmark dari cinebench R15 laptop xiaomi ini di awal run memiliki skor hampir 500 atau tepatnya 499, lalu di run berikutnya turun menjadi rata – rata 462 point. Kita bisa lihat hasil pengujian ini bahwa laptop ini cukup konsisten saat di lakukan pengujian dan hasilnya pun memang tipikal core i3 Gen 11 yang kencang.

  1. Adobe Premier Pro CC 2021

Laptop Xiaomi ini memang soal layar tidak cocok untuk mengedit video namun memang terkadang kita harus mengedit video, dan laptop ini cukup dapat di andalkan asalkan kalian cukup sabat saat proses rendering. Di test ini dengan video berdurasi 3 meni di resolusi 1080p 60fps, dengan software only laptop ini dapat merender video tersebut dengan waktu sekitar 15 Menit, memang cukup lama karena prosesor yang digunakan pun bukan prosesor yang kencang banget.

  1. Gaming Test

  • CS GO             : 720P, Low 70 – 105 fps
  • Dota 2             : 720p, Fastest, Screen Rendering 60% 40 – 60 fps
  • GTA V             : 720p, Normal 25 – 32 fps
  • Genshin Impact : 720p, Lowest, Resolution Scale 0.6x 52 – 58 fps

KESIMPULAN

Laptop Xiaomi RedmiBook 15 ini cocok untuk kalian yang masih pelajar / mahasiswa dan pekerja kantoran yang tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk pekerjaanya. Dengan harga 7 jutaan rasanya kami sulit untuk tidak merekomendasikannya untuk kalian, karena di harga segitu kalian mendapatkan layar 15inci FullHD, SSD kencang, RAM 8GB. Walau memang ada kekurangannya dari laptop ini, namun jika memang kalian mencar laptop untuk kebutuhan ringan seperti steraming film, ngetik, bermain game ringan, laptop ini cocok untuk kalian.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *