Realme 8 5G

Review Realme 8 5G : Smartphone Gahar nan Elegan

Review Realme 8 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Realme 8 5G merupakan lini smartphone terbaru dari Realme di tahun 2021 ini untuk melengkapi seri 8 yang sebelumnya sudah terlebih dahulu keluar. Realme 8 5G ini menjadi salah satu smartphone 5G termurah di Indonesia, apakah dengan bandrol harga yang dikisaran 3 Jutaan membuat smartphone ini sangat worth it untuk dipinang ? Ayo cari tahu di aritkel ini.

Baca Juga : Hp 5g Murah Lainya, Dengan Harga Murah dan Spesifikasi Dewa

Realme 8 5G ini di awal kemunculannya menjadi smartphone 5G paling murah se Indonesia dengan membawa tagline “ 5G, Speed to Infinty” Smartphone ini ditenagai dengan MediaTek Dimensity 700 5G, dimana processor  ini merupakan seri 5G dari MediaTek itu sendiri yang memiliki performa yang gahar di kelasnya.

Realme 8 5G

Berikut spesifikasi lengkap, harga dan review dari Realme 8 5G :

Spesifikasi Realme 8 5G

Bodi Ukuran  162,5 x 74,8 x 8,5 mm
Berat 185 gr
Layar Ukuran 6,5 inci
Resolusi FullHD+ (1080 x 2400)
Refresh Rate 90Hz
Chipset MediaTek 700 5G
GPU Mali G-57
OS Android 11, Realme UI 2.0
Memori RAM 8GB ROM 128GB
Kamera Belakng Tripel Camera
Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide)
Makro 2 MP, f/2.4,
Depth 2 MP, f/2.4
Perekaman Video 1080p@30fps
Kamera Depan 16 MP, f/2.1, 26mm (wide)
Perekaman Video 1080p@30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast Charging 18W

HARGA Realme 8 5G

Realme 8 5G 8/128GB Rp3.199.000

*harga sewaktu-waktu dapat berubah

Review Realme 8 5G

DESAIN

Realme 8 5G

Realme 8 5G ini hadir dengan 2 varian warna yaitu Supersonic Black dan Supersonic Blue, smartphone ini menggunakan Polycarbonate untuk bodi bagian belakang dan frame smartphone ini, tapi meski bahan yang di gunakan adalah plastik bodi dari Realme 8 5G ini masih terlihat elegan dan juga kokoh.

Baca Juga :   OPPO A74 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Bodi Smartphone lumayan tipis dengan ketebalan 8,5mm membuatnya enak untuk di genggan satu tangan apalagi bagian belakang bodi dari smartphone ini agak melengkung yang membuat handling smartphone di tangan ini cukup solid, apalagi dengan bodi setipis itu realme berhasil menanamkan baterai sebesar 5.000 mAh.

Untuk desain Realme 8 ini cukup mainstream, mungkin karena Realme sadar bahwa desain dari smartphone Realme 8 series yang lain cukup “berani” membuat tidak semua orang suka dengan desain tersebut dan pada akhinya, desain dari Realme 8 ini main aman seperti desain – desain smartphone Realme lainnya.

LAYAR

Realme 8 5G

Realme 8 5G memakai layar yang cukup luas dengan bentang layar 6,5 inci, dengan bazel yang tergolong tipis bahkan screen to body rasionya mencapai 90,5%, sedangkan untuk kamera depan yang berbentuk punchole di sudut kiri atas memiliki ukuran yang cukup kecil. Resolusi layar di smartphone ini sudah FullHD+,refresh rate 90Hz dan menggunakan panel IPS.

Bagi saya kualitas IPS  di Realme 5G ini cukup bagus dengan kontras dan reproduksi warna yang sedikit lebih baik dari IPS kebanyakan, bahkan untuk penggunaan luar ruangan cukup aman dengan kecerahan sampai 600 nits. Meski layar di smartphone ini tidak di lindungi oleh GorillaGlass tapi sudah terpasang anti gores bawaan.

Bagi kalian yang hobi streaming di Netflix, Realme 8 ini sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 yang menjadikannya dapat memutar video Netflix sampai FullHD. Realme juga memberikan opsi untuk mengatur refresh rate layar agar penggunaan baterai tidak terlalu boros.

PERFORMA

Realme 8 5G

Performa dari Realme 8 5G ini cukup gahar di range harganya apalagi melihat skor benchmark antutu yang mencapai 350.000 lebih, ini membuatnya cukup untuk pemakaian kasual seperti streaming, sosmedan, chatting. Bahkan Hp ini cukup gahar untuk di ajak bermain game seperti Mobile Legends, PUBGM dan CODM  smartphone ini sanggup mendapatkan settingan rata kanan.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Untuk multitasking di smartphone ini bukan menjadi kendala dengan dukungan RAM 8GB dan ROM 128GB, apalagi di Realme UI 2.0 ini ada fitur Dynamic RAM Expansion atau DRE. Fungsi buat apa ? yah seperti Namanya DRE ini kita dapat menambahkan RAM yang di ambil dari penyimpanan internal UFS 2.1 menjadikannya Virtual RAM, dengan kapasitas yang dapat ditambahkan 2-5GB. Jika kita memilih opsi penuh ini berarti RAM di smartphone ini menjadi 13GB.

Tentunya Realme 8 5G ini sudah 5G ready dengan support band n1,n28,n40,n77 dan n78 membuatnya bisa menangkap sinyal 5G operator Indonesia. Membuat kita tidak akan khawatir dengan masalah 5G di Indonesia dimasa depan nanti.

KAMERA

Realme 8 5G

Realme 8 ini menggunakan setup triple camera di bagian belakangnya, dengan kamera utamanya 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), Makro 2 MP, f/2.4 dan Depth 2 MP, f/2.4. Desain modul kamera belakang Hp ini cukup ke keinian yang berbentuk kotak dadu dengan bump kamera yang cukup tipis. Namun jangan tertipu dengan desainnya, sekilas seperti ada 4 kamera tapi salah satu dari lubang kamera tersebut hanyalah dummy yang bertuliskan AI.

Selain lensa utama yang sebesar 48MP, ada dua lensa sekunder yaitu lensa makro (dengan jarak focus 4cm) dan lensa depth (untuk meningkatkan foto portrait). Sayangnya di Realme 8 5G ini lensa Ultra Wide harus absen, akan tetapi hasil dari lensa utamanya cukup memuaskan.

Reproduksi warnya cukup bagus namun agak sedikit “lebay”, bisa dimatikan fitur AInya agar warna lebih natural. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih detail bisa menggunakan fitur 48MPnya hasilnya jauh lebih detail dari sebelumnya. Dimalam hari pun tidak terlalu mengecewakannya hasilnya cukup detail dan terang, apalagi jika memakai fitur nightscapenya hasil fotonya jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakan nightscape.

Baca Juga :   5 Rekomendasi HP 5G Murah dengan Spesifikasi Dewa 2021

Untuk kamera depan smartphone yang beresolusi 16MP  ini seperti kebanyakan realme di harga sekian. Detail cukup oke, warna kulit cukup natural dan ada fitur beauty plus juga agar hasil selfie kita lebih menarik. Bahkan saat lowlight pun kamera depannya pun mempunyai fitur nightscape, membuat hasil foto selfie saat lowlight jauh lebih baik.

Hasil foto Realme 8 5G
photo by : medcom.id
hasil foto Realme 8 5G
photo by : medcom.id

BATERAI

Realme 8 5G

Realme cukup hebat di smartphone ini, mereka bisa menanam baterai jumbo 5.000 mAh ke dalam bodi tipis Realme 8 5G ini. Bagaimana dengan penggunaan sehari-hari apakah baterai di smartphone ini cukup ?. Sejujurnya baterai 5.000 mAh sangat cukup untuk penggunaan satu sampai dua hari.

Dan smartphone ini sudah menggunakan port USB-C dan mendukung fast charging 18W jika baterai dalam keadaan 5%, membutuhkan waktu kurang lebih dua jam sampai baterai penuh.

KESIMPULANNYA

Review Realme 8 5G ini untuk siapa sih ?. Hp ini sebetulnya untuk orang yang sudah bersiap dengan teknologi 5G di Indonesia tetapi dengan budget yang tidak terlalu menguras dompet.

Dengan harga 3 jutaan saat artikel ini dibuat, rasanya susah untuk tidak merekomendasikan smartphone ini kepada kalian. Chipset yang gahar, layar luar dengan kualitas yang oke, baterai jumbo, desainnya yang elegan, dan tentunya sudah 5G ready. hp ini sangat sangat worth it.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Vivo V21 5G

Vivo V21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Vivo V21 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Vivo diawal tahun 2021 ini sudah merilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *