realme book

Realme Book : Laptop Evo Tipis dan Kencang dari Realme

Realme Book – Halo sobat Tekno Advisor. Realme pada bulan Agustus 2021 meluncurkan sebuah laptop pertama mereka di Indonesia, realme mengikuti jejak dua brand smartphone lainnya yang sudah mengeluarkan laptop mereka sendiri yaitu Xiaomi dan Infinix.

Realme Book menghadirkan dua SKU Core i3 dan Core i5. Khusus untuk Realme Book Core i5 sudah mendapatkan sertifikat evo dari intel. Untuk mendapatkan sertifikat ini sebuah laptop minimal sudah memakai Core i5 Gen-11, memakai SSD NVMe minimal 256GB, untuk konektivitas harus sudah menggunakan WiFI-6 & Bluetooh 5.

Sebenarnya cukup banyak persyaratkan sebuah laptop untuk mendapatkan sertifikasi evo dari intel namun kali ini kami tidak akan membahas itu karean kami akan membahas sebuah laptop pertama dari Realme dengan desainnya Minimalis Industrialis. Sekelias desain laptop ini mengingatkan kita sebuah laptop dari Apple yaitu MacBook.

Namun begitu Realme Book ini memiliki desain yang cantik dengan bodi yang tipis serta bahan material yang solid dan koko karena realme memakai bahan alumunium di seluruh bodi laptop ini. Untuk Laptop evo dengan harga 11jutaan untuk SKU Core i5 membuat Realme Book ini menjadi salah satu laptop evo termurah saat ini.

Jika kalian penasaran dengan laptop pertama dari Realme khusunya yang menggunakan Core i5 kalian dapat membaca ulasan kami ini agar kalian dapat menentukan untuk membeli laptop ini atau tidak, atau juga kalian hanya ingin sekedar mengetahui saja bagaimana laptop ini.

SPESIFIKASI

  1. Ukuran

  • Panjang : 307,21 mm
  • Lebar : 96 mm
  • Tinggi : 14,9 ~ 15,5 mm
  • Berat : 1,38 kg
  1. Layar

  • Ukuran : 14 inci
  • Jenis : IPS
  • Resolusi : 2K (2160 X1440)
  • Color Gamut : 100% sRGB
  1. Prosesor

  • Prosesor Intel® Core™ i3-1115G4 generasi ke-11 Dual-core quad-thread
  • Prosesor Intel® Core™ i5-1135G7 generasi ke-11 Quad-core Octa-thread
  1. Grafik

  • Core i3 : Intel UHD Graphics
  • Core i5 : Intel iris X Graphics
  1. Memori

  • Core i3 : 8GB Dual Channel LPDD4X 3733MHz
  • Core i5 : 8GB Dual Channel LPDD4X 4266MHz
  1. Penyimpanan

  • 256GB / 512GB PCIe SSD
  1. Konektivitas

  • Core i3 : WiFi 5 dan Bluetooth 5.1
  • Core i5 : WiFi 6 dan Bluetooh 5.2
  1. Beterai

  • Kapasitas : 54Wh
  • Charger : 65W PD
  1. Port

  • Core i3 : Versi i3 USB-C 3.2 × 2 Gen 2 USB-A 3.1 Gen 1 3.5mm Headphone dan Jack Mikrofon
  • Core i5 : Versi i5: Thunderbolt 4/ USB 4 (Data: Maks.40 Gbps) USB-C 3.2 Gen 2 USB-A 3.1 Gen 1 3.5mm Headphone dan Jack Mikrofon
  1. Keyboad & Touchpad

  • Keyboad : 1,3 mm Key Travel, X-Shape Bracket, Smile Arc, 3 Level Backlit
  • Touchpad : 123,8 mm x 78,2 mm Support Microsoft PTP
  1. Tombol Power

  • Tombol Power + Sensor Sidik jari
  1. Kamera

  • Kamera 720p HD
  1. Audio

  • Mikrofon x 2
  • Algoritma Noise Cancellation Vocplus AI
  • Speaker HARMAN x 2
  • Suara Surround Stereo Oleh DTS
  1. Sistem Operari

  • Windows 10 Home Free Upgrade to Windows 11

 

HARGA

Realme Book Core i3 8/256GB   : Rp. 9.299.000

Realme Book Core i5 8/512GB   : Rp. 11.399.000

 

REVIEW

Desain

realme book

Realme Book tampil dengan desain yang minimalis namun terlihat premium apalagi dengan bahan yang digunakan seluruh bodi laptop ini adalah alumunium, membuatnya begitu terasa mewah di tangan. Memang sudah sewajarnya di harga di atas 10 juta untuk core i5 bahan yang di gunakan sudah memakai alumunium.

realme book

Bukan hanya desain yang premium saja Realme Book juga seperti UltraBook lainnya yang memiliki desain tipis dan ringan, realme book juga tergolong tipis dengan ketebalan hanya 14,9 mm dan cukup ringan dengan berat 1,38Kg, membuat laptop ini sangat nyaman bagi kalian yang sangat mobile atau yang senang mengerjakan pekerjaan di café atau tempat nongkrong lainnya.

Relame memang tidak meninggalkan ciri khasnya yaitu produk realme di tujukan kepada anak muda yang senang tampil beda. Di Realme Book juga Realme tidak meninggalkan itu karena di laptop ini Realme memberikan dua pilihan warna yaitu Real Blue dan Real Grey. Warna yang ada di laptop ini juga terlihat premium apalagi di bagian cover realme hanya menyematkan logo Realme yang berada di tengah sebelah kiri membuatnya tampil minimalis.

Untuk bagian keyboard laptop ini juga sudah memiliki backlit dengan 3 level kecerahana, walau warna backlit pada keyboard ini hanya berwarna putih namun hal itu memberikan efek premium pada laptop ini. Dengan Key Travel di 1,3 mm membuatnya cukup nyaman untuk di pakai ngetik tidak terlalu jauh ataupun tidak terlalu tipis. Touchpad di Realme Book juga terbilang besar dengan ukuran 123,8 mm x 78,2 mm dan sudah support dengan Microsoft Precision Touchpad.

Layar

realme book

Realme Book di bekali layar IPS yang sudah sangat bagus dan cocok untuk kegiatan editing, bagaimana tidak layar IPS di laptop ini memiliki resolusi 2K dan sudah supprot 100% SRGB, warna yang di tampilkan pada layar laptop ini di jamin akurat 100%. Bukan hanya itu layar di laptop ini juga terbilang luas dengan rasio screen to body mencapai 90% maka bazel di kanan kiri layar ini sangat tipis.

Walau memang untuk bagian bawah masih tebal karena adanya logo Realme serta di bagian ada kamera 720p yang hasil yang tidak terlalu bagus namun masih oke untuk di pakai meeting online. Layar di laptop ini sangat cocok bagi kalian seorang editor maupun konten kreator karena dengan resolusi dan akurasi warna yang 100% membuat hasil edit di laptop ini tidak ada yang miss.

Bukan hanya untuk editing layar ini juga sudah sangat enak di pakai untuk menonton video ataupun film apalagi bermain game layar ini sangat memanjakan kalian, dengan dua buah speaker yang sudah support Surround dari DTS membuat pengalaman menonton film atau bermain game di laptop ini sangat immersive.

Performa

realme book

Untuk bagian performa kami disini mengujinya dengan Realme Book Core i5 yang sudah mendapatkan sertifikasi Evo Intel. Membuat kinerja dari laptop ini sangat kencang apalagi dengan RAM 8 LPDDR4X untuk varian core i5 memiliki kecepatan sangat kencang di 4266Mhz. Walau memang karena ada huruf X di LPDDR4X yang artinya ram yang di pakai tidak dapat di tambah lagi, tapi kita sudah mendapat RAM 8GB Dual Channel yang sangat kencang.

Hal yang kencang bukan hanya di bagian prosesor dan RAM, bagian memori penyimpanan di laptop ini juga sangat kencang karena sudah memakai NVMe PCIe M.2 SSD dari Samsung dengan kapasitas 512GB dengan kemampuan read dan write yang sudah sangat kencang.

Realme Book ini juga di dukungan dengan kartu grafis Intel Iris Xe Tiger Lake 1GB membuat pengolahan grafis di laptop ini cukup bisa di andalkan untuk editing, rendering hingga bermain game. Apalagi laptop ini juga sudah memiliki Dual Fan Cooling yang membuat suhu pada laptop ini bisa di jaga dengan baik.

Kami juga sudah menguji laptop ini dengan berbagai macam aplikasi benchmark untuk mengetahui performa dari laptop ini seperti apa. Untuk pengujian kali ini kami mengguakan performance mode serta laptop dalam keadaan di colok ke listik. Berikut beberapa hasil pengujian performa Realme Book :

  • Cinebench R15

Tertinggi        : 934 Point

Terendah       : 736 Points

Suhu              : Tertinggi 77’ C Rata -rata 60’ C – 70’ C

  • Adode Premier CC 2021

Skema            : Video Full HD 60fps, 2:07 Menit, Color Corection+Multi Layer, Export to YouTube Full HD 60fps

Rendering     : Software Only selesai dalam 7:22 , Open CL selesai dalam 4:30

  • Dota 2

Settingan       : 1080p, Fastest, Render Scale 100%

FPS                : 70 – 130 FPS

  • CS:GO

Settingan       : 1080p Low

FPS                : 110 – 160 FPS

  • PES 2021

Settingan       : 1080p, Low, Resolution Scale 80%

FPS                : 60 FPS

Performanya bisa di tingakatkan lagi jika kalian memiliki eskternal GPU, kalian bisa memakain di laptop ini karena laptop ini sudah memiliki port Thunderbolt yang sudah bisa di pakai untuk esktenal GPU. Walau jika tidak memakai esktenal GPU juga Realme Book core i5 sudah sangat kencang untuk kebutuhan sehari – hari.

KESIMPULAN

Realme Book laptop pertama dari Realme yang sudah sangat bagus dengan harga mulai dari 9 jutaan laptop ini cocok untuk kalian yang ingin memiliki macbook namun budget kalian pas – pasan. Dengan desain minimalis dan tentunya material yang premium laptop ini tidak kalah dengan mackbook untuk soal desain.

Laptop ini juga cocok untuk kalian konten kreator karena layar lega dengan resolusi 2K dan 100% sRGB laptop ini sangat – sangat cocok untuk kalian yang bekerja di dunia editing ataupun konten kreator. Maka dari itu kami sangat merekomendasikan laptop ini untuk kalian beli apalagi jika kalian memiliki budget lebih alangkah baiknya mengambil varian core i5.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *