Charger

Jangan Salah! Inilah Macam macam Charger Yang Harus Diketahui

Macam macam Charger / Jenis Charger / Tipe USB – Halo sobat Tekno Advisor, Apakah Kamu memiliki HP baru? Bila iya, Kamu kemungkinan memiliki beberapa pertanyaan mengenai HP baru Kalian.

Salah satunya pertanyaan paling penting yang bisa Kamu tanya ialah mengenai bagaimana Kamu akan isi daya HP baru anda.

Apa Kamu bisa memakai kabel yang sama yang Kamu pakai secara HP lama Kamu, atau apa Kamu membutuhkan tipe kabel yang lain dari mulanya? Apa Kamu bisa pinjam charger semuanya orang di dalam rumah Kamu? Atau apa Kamu harus memiliki charger yang lain?

Ada banyak tipe kabel USB, dan tidak semua berperan dengan semua perangkat . Itu kenapa penting untuk mengetahui mana yang hendak berperan di HP Kamu.

Untung untuk Kamu, artikel ini memiliki info yang Kamu mencari. Dapatkan beragam tipe kabel USB, dan mode mobile yang mana harus anda pakai.

Kabel Micro-USB

Silahkan kita awali dari tipe charger yang paling sering anda temui. Selanjutnya kita akan mengulas tipe type yang lebih tua.

Kabel micro-USB pernah dipandang seperti konektor standard. Micro-USB populer karena ukuran yang kecil, itu penyebabnya kenapa benar-benar populer untuk HP dan tehnologi yang lain.

Kabel micro-USB cuman masuk ke port bila status kabel micro-USB anda betul. Bila Kamu coba memasukkan secara kebalik, Kamu akan beresiko menghancurkan port atau kabelnya.

Keuntungan khusus dari micro-USB ialah mereka tersambung langsung ke perangkat Kamu. Maknanya Kamu tak perlu mediator untuk isi daya HP anda.

Bila perangkat Kamu lebih tua dari tahun 2015, kemungkinan perangkat itu akan diperlengkapi dengan port micro-USB. Bila Kamu beli perangkat sisa, check apa kabel dan charger diikutkan dengan HP.

Umumnya HP dan perangkat mode baru memakai tipe kabel USB yang lain. Kabel dari perangkat yang lebih baru kemungkinan tidak cocok dengan HP sisa yang lebih lama.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

Kabel USB Paling Populer

Macam Macam Charger
Macam Macam Tipe USB

Dalam tahun-tahun ini, produsen HP sudah berpindah dari micro-USB ke tipe kabel yang lain. Kabel charger Ini dikenali sebagai USB-C, kabel ini memiliki beberapa keunggulan dibanding kabel perintisnya.

Pertama, perform USB-C lebih cepat dibanding micro-USB. Itu argumen khusus umumnya produsen berpindah ke tipe kabel ini. Kabel ini dipercaya semakin kuat dibanding beberapa macam kabel USB yang lebih lama.
USB-C lebih fleksibel. Tidak seperti micro-USB, USB-C bisa dipakai tanpa cemas di mana sisi atas atau sisi bawah kabel itu. Maknanya Kamu bisa mencolokkannya secara kebalik, dan kabel ini tetap berperan.

Ini ialah berita baik untuk siapa yang sempat kesusahan mencolokkan kabel micro-USB nya dengan arah yang betul.

Bahkan juga Apple sudah adopsi port USB-C untuk beberapa perangkatnya. Apple sudah lama menampik daya ambil micro-USB. Keputusan itu mengakibatkan produk Apple tidak cocok dengan charger lain sepanjang tahun.

1. Mode mana Bekerja dengan USB-C?

Seperti yanga sudah disebut, mayoritas produsen saat ini condong memakai USB-C untuk perangkat terkini mereka. Bahkan juga Apple nampaknya tertarik sama kabel USB yang condong semakin kuat dari perintisnya ini.
Bila HP Kamu lebih baru dari tahun 2015, kemungkinan HP Kamu memiliki kabel USB-C. Gagasan yang bagus untuk mengecek ulangi dan pastikan secara tepat tipe kabel yang Kamu butuhkan. Sekarang ini, mayoritas HP memakai kabel USB-C.

2. Apple Mengadopsi USB-C

Bahkan juga Apple mulai memakai USB-C. IPhone 11 baru dikenalkan pada tahun akhir 2019. Ini ialah mode iPhone pertama kali yang memiliki feature port USB-C.

Awalnya Apple sudah menambah port USB-C ke produk yang lain, terhitung iPad dan netbook.

Mode iPhone seterusnya semestinya memiliki feature USB-C. Itu memiliki arti mayoritas charger HP segera dapat dipakai untuk produk iPhone nantinya. Paling akhir, Kamu bisa isi daya HP Android Kamu dengan kabel yang sama yang Kamu pakai untuk iPhone.

Konektor USB Kilat Apple

Dengan penyeluncuran iPhone 11, kelihatannya Apple pada akhirnya akan melepas kabel USB khusus kepunyaannya. Kabel khusus ini dikenali sebagai konektor kilat, Apple memakai tipe kabel USB ini dengan tiap mode iPhone dimulai dari tahun 2012 dan sebagainya. Konektor ini dipakai pada iPad, netbook, dan produk mobile yang lain dari Apple.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

Karena memiliki sifat terbatas, konektor Kilat cuman dipakai lewat produk Apple mu. Ini memudahkan pengisian daya beragam produk Apple Kamu cukup dengan memakai satu kabel. Walau bagaimanapun, ini tentu memiliki beberapa kekurangan.

Permasalahan paling besarnya ialah konektor Kilat tidak cocok dengan perangkat micro-USB. Rumah tangga yang memeiliki perangkat Apple dan Android tahu perjuangan mendapati adaptor yang pas untuk isi daya HP.
IPhone 11 megakhiri karier dari konektor kilat. Walau bagaimanapun, tidak berarti tipe kabel ini akan lenyap dalam tadi malam. Ini karena semua HP Apple yang dibuat di antara 2012 dan akhir 2019 diperlengkapi dengan konektor Kilat dan ada banyak perangkat dari tahun itu yang dipakai.

Konektor Kilat sedikit maju dari periodenya, karena kabel ini memiliki 2 segi. Itu memiliki arti Kamu bisa masukkan kabel dengan status apa saja dan itu tetap berperan. Micro-USB yang masih jadi standard di tahun itu tidak memiliki feature yang paling memudahkan pengisian daya ini.

Dengan USB-C yang memadukan peranan ini, dan pengisian daya yang lebih cepat, kabel Kilat saat ini jadi tehnologi yang ketinggal jaman.

Kabel USB Lama

Bila perangkat Kamu dibuat saat sebelum tahun 2012, perangkat anda kemungkinan memiliki tipe kabel USB yang lebih tua. Apple mengenalkan konektor Kilat di tahun 2012 untuk gantikan tipe kabel USB lama ini.
Kabel tipe USB-A dan USB-B masih dipakai sampai saat ini, walau tidak begitu umum untuk perangkat mobile. Pemasalahan dalam kabel ini ialah mereka memerlukan 30 pin, yang memiliki arti konektornya harus lumayan besar. Akhirnya, port USB harus juga lumayan besar.

Perangkat mobile yang makin ramping tidak kemungkinan bila kabel tipe USB-A dan USB-B lah harus dipakai dengannya. Ini hari, Kamu akan menyaksikan USB-A dipakai dengan hardware external, seperti keyboard external.
Port USB-B umumnya dipakai dengan printer.

Baca Juga :   13 Cara Mengatasi USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

Mereka umumnya berupa persegi. Ingat peranan khusus mereka, kabel ini jarang diketemukan seperti kabel USB-A.
Terkecuali Kamu memiliki perangkat yang lebih lama, kemungkinan Kamu tak perlu cemas mengenai kabel USB-A.

Apa itu USB 3.0?

Pertanyaan yang lain kemungkinan Kamu tanya ialah, “Apakah itu USB 3.0?” Apa ini tipe kabel lain, atau kabel ini cocok dengan kabel yang telah Kamu punyai?

USB 3.0 merujuk pada versi antar-muka standard yang dipakai kabel. Ada peluang untuk memiliki kabel USB-C 2.0 dan kabel USB-C 3.0.

Apa perbedanya? Pada umumnya, USB 3.0 lebih cepat. Kabel ini menggunkakan feature “Kecepatan Super” yang memungkinkan mentransfer data sekitaran 10 kali lebih cepat dari USB 2.0.
USB 3.0 bukan hal baru. Kabel ini dikenalkan di tahun 2010, hingga banyak perangkat kekinian memakai USB 3.0. Kabel standard yang sebetulnya diperbaharui ke USB 3.1 belakangan ini, yang tingkatkan kecepatannya semakin tinggi kembali.

Tidak seluruhnya konektor tipe USB-C bisa memakai feature khusus USB 3.1 atau bahkan juga USB 3.0, jadi seharusnya check perangkat anda. Angka merujuk pada standard antar-muka, dan huruf merujuk pada tipe jaringan.

Yang kamu perlukan?

Tipe kabel USB apa yang Kamu butuhkan untuk isi daya handphone Kamu? Langkah terbaik untuk jawab pertanyaan ini dengan selalu menyaksikan kotaknya. Bila Kamu tidak memiliki paket aslinya, tanya ke produsennya atau anda bisa cari info HP anda lewat internet.

Bila Kamu beli perangkat sisa, Kamu kemungkinan tidak terima adaptor charger dan kabel yang asli.

Bila handphone tahun 2015 ataupun lebih baru, perangkat Kamu kemungkinan membutuhkan kabel USB-C. Bila handphone ialah mode Android yang lebih lama, peluang kabel yang diperlukan ialah port micro-USB.

Bila Kamu memakai iPhone, Kamu membutuhkan konektor Lightning, terkecuali Kamu memiliki iPhone 11 atau ke atas.

Ingat trend USB-C, kelihatannya mayoritas handphone baru terus akan memakai tipe kabel ini. Itu memiliki arti Kamu tak perlu terus menebak kabel USB yang mana Kamu perlukan. Pada periode mendatang, pertanyaan itu akan gampang terjawab, karena USB-C bisa menjadi standard kabel charger pada HP mendatang.

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

Check Also

USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

13 Cara Mengatasi USB Android Tidak Bisa Connect ke PC

USB Android Tidak Bisa Connect ke PC – Salah satu masalah umum saat ini adalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *