Mengenal Teknologi Digital Fisika dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan

Teknologi dapat membantu membuat dunia kita menjadi lebih mudah dan maju. Dengan kemajuan digital dapat mendukung dan mempercepat pembangunan berkelanjutan, seperti mengurangi kemiskinan ekstrem, mengurangi angka kematian, menawarkan pertanian berkelanjutan dan pekerjaan yang layak, serta mencapai literasi universal.

Teknologi digital sendiri adalah alat, sistem, perangkat, dan sumber daya elektronik yang dapat menghasilkan, menyimpan, atau memproses data. Contoh dari teknologi digital yang paling dekat dengan kita antara lain adalah media sosial, game online, multimedia dan ponsel.

Teknologi digital telah berkembang lebih cepat daripada inovasi apa pun, dan telah menjangkau sekitar 50 persen populasi dunia hanya dalam dua dekade. Dengan meningkatkan konektivitas, inklusi keuangan, akses ke perdagangan dan layanan publik, teknologi dapat membantu banyak dalam kehidupan.

Salah satu yang terbantu dalam perkembangan teknologi digital ini adalah bidang pendidikan. Pembelajaran digital adalah semua jenis pembelajaran yang menggunakan teknologi. Itu bisa terjadi di semua bidang pembelajaran, seperti teknologi digital fisika, yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Apa Itu Teknologi Digital

Kata “digital” berasal dari bahasa Latin — digitus, jari — dan mengacu pada salah satu alat tertua untuk menghitung. Ketika informasi disimpan, ditransmisikan, atau diteruskan dalam format digital, informasi itu diubah menjadi angka, yang pada tingkat mesin paling dasar sebagai “nol dan satu.”

Definisi teknologi digital mencakup semua alat elektronik, sistem otomatis, perangkat teknologi, dan sumber daya yang menghasilkan, memproses, atau menyimpan informasi.

Perbedaan antara teknologi analog dan digital yaitu dalam teknologi analog, data diubah menjadi ritme listrik dengan beberapa amplitudo, sedangkan dalam teknologi digital informasi diubah ke dalam sistem biner, yaitu nol atau satu, di mana setiap bit adalah simbol dari dua amplitudo.

Penerapan Fisika dalam Teknologi Digital

Teknologi digital fisika merupakan teknologi digital yang melibatkan ilmu fisika dalam prosesnya. Beberapa contoh teknologi digital fisika sebenarnya banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Melansir dari Jurnal Pramana Research Journal, yang berjudul Physics Behind Digital Technology, yang ditulis oleh Sreelatha dan Showrilu, berbagai bentuk penyimpanan seperti floppy disk, Hard disk, Compact disk adalah beberapa contoh teknologi digital fisika, yang menerapkan konsep Magnetisme, Fisika Laser dan Optik.

Semikonduktor dan mekanika kuantum yang merupakan konsep dalam ilmu fisika, telah membuka jalan bagi pengembangan sirkuit terpadu. Karena penemuan Giant Magneto Resistance, memungkinkan untuk mengecilkan hard disk dalam beberapa tahun terakhir. Kepala pembaca yang sensitif diperlukan untuk dapat membaca data dari hard disk kompak dalam beberapa tahun terakhir. Kepala pembacaan yang sensitif dapat membaca data dari hard disk kompak yang digunakan di laptop dan beberapa pemutar musik.

Dalam teknologi digital fisika berupa compact disc, laser inframerah difokuskan ke piringan logam untuk menunjukkan ‘lubang’ dan ‘tanah’ yang mewakili ‘0’ dan ‘1’. Sinyal kembali diubah oleh sensor fotodioda. Pemindai membagi foto menjadi piksel-piksel kecil. Ini menghasilkan array digit biner, yang masing-masing mewakili kecerahan dan warna (RGB) piksel. Pada perangkat layar, konsep tabung sinar katoda, kristal cair dan fisika Plasma memainkan peran penting.

Mendasarkan pada prinsip-prinsip fisika, ada kemajuan baru yang menakjubkan dalam teknologi pencitraan. Teknologi ini memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam tubuh guna mengamati organ vital bekerja, mengidentifikasi penyumbatan dan pertumbuhan, dan bahkan mendeteksi tanda-tanda penyakit yang belum berkembang semua tanpa trauma operasi eksplorasi. Hasilnya, kemajuan luar biasa telah terjadi dalam mendiagnosis penyakit penyelarasan dalam sejarah ilmu kedokteran.

Pengolahan citra adalah teknik untuk menganalisis, meningkatkan, mengompresi, dan merekonstruksi citra. Pengenalan pola adalah proses pengurangan informasi. Penugasan pola visual atau logis ke kelas didasarkan pada fitur pola ini dan hubungannya. Teknik ini banyak digunakan dalam astronomi, kedokteran, robotika industri dan penginderaan jauh oleh satelit.

Pada transmisi sinyal digital kabel optik yang menggunakan konsep refleksi internal total digunakan dengan cara diperpanjang. Teknik lain seperti transmisi gelombang mikro dan transmisi IR juga bergantung pada konsep dasar fisika. Kemampuan mereka untuk mengirimkan sejumlah data dinilai berdasarkan batasan yang diberlakukan oleh prinsip-prinsip fisika.

Komputer sebenarnya juga terdapat teknologi digital fisika, karena untuk mengirim dan menerima sinyal bekerja berdasarkan prinsip fisika. Mereka mengubah gelombang radio analog menjadi sinyal digital yang diwakili oleh elektron yang mendesing di sepanjang papan (board).

Navigasi GPS sensitif terhadap perhitungan nanodetik yang diturunkan dari teori relativitas umum Einstein. PET Scan menggunakan pencitraan tubuh 3D yang dimungkinkan oleh fisika partikel. Bahkan World Wide Web yang melayani Anda adalah ciptaan Fisika yang disusun oleh Tim Berners –Lee sebagai CERN untuk mentransfer file data fisika besar.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.