apa itu webinar

Apa itu webinar? Bagaimana Cara Kerjanya?

Tekno Advisor – Apa itu webinar?

ilustrasi webinar

Webinar adalah pertemuan online, presentasi atau konferensi yang berlangsung melalui internet secara real time. Ini hanyalah sebuah acara yang menghubungkan orang-orang dengan orang lain di seluruh dunia.

Kami akan membahas fitur webinar, manfaat penggunaan, dll. Ini akan membantu Kamu lebih memahami webinar.

Webinar dapat lebih nyaman untuk peserta dan presenter. Inilah sebabnya mengapa webinar menjadi lebih populer setiap tahun.

Webinar memungkinkan Kamu untuk mengadakan konferensi atau rapat dari mana saja dan kapan saja. Partisipasi dalam webinar adalah mungkin bagi siapa saja, terlepas dari apakah mereka bekerja atau di rumah pada liburan atau perjalanan bisnis.

Apa Fungsi Webinar?

Webinar adalah alat yang hebat untuk semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan, bisnis, dan pelatihan perusahaan.

Pendidikan online melalui webinar

Sobat Logitekno dapat menjangkau lebih banyak siswa sebagai pendidik dengan tidak harus bepergian. Pelatihan Kamu dapat diakses dari lokasi mana pun.

Dimungkinkan untuk menghindari sewa venue, makanan, dan biaya lainnya. Ini akan memungkinkan Kamu mengenakan biaya lebih sedikit dan memiliki lebih banyak orang menghadiri acara Kamu.

Webinar adalah cara populer bagi bisnis untuk memperbarui dan melatih karyawan mereka. Dalam industri serba cepat saat ini, hanya mereka yang up to date dengan tren saat ini akan dapat berhasil.

Selanjutnya, banyak perusahaan mempekerjakan pekerja di seluruh dunia, membuatnya mustahil untuk menyatukannya di bawah satu atap.

Webinar pemasaran

hal ini paling efektif dalam pemasaran.

Pertemuan online untuk memamerkan produk Kamu lebih mungkin menarik perhatian karena konten video menghasilkan rata-rata dua kali lebih banyak pertunangan.

Peristiwa ini juga membantu Kamu membangun hubungan pribadi yang tahan lama dengan pelanggan Kamu. Kamu menunjukkan perawatan dengan menjelaskan produk, menjawab pertanyaan, dan menindaklanjuti dengan survei.

Apa yang diperlukan untuk webinar?

  • Peserta akan memerlukan akses Internet dan headset audio (headphone atau mikrofon).
  • Presenter tidak memerlukan perangkat lunak tambahan atau peralatan khusus. Kamu hanya perlu komputer, papan audio, dan mikrofon.
  • Komputer modern dengan semua komponen yang diperlukan. Kamu tidak perlu memiliki keterampilan teknis. Kamu dapat meng-host webinar jika Kamu dapat menggunakan mesin pencari dan video YouTube.

Anggaplah Kamu tahu apa topiknya untuk Seminar Kamu, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyajikannya. Apa yang harus Kamu lakukan selanjutnya?

Rencana dan Jadwal

Setelah mengetahui Apa itu webinar anda harus tau juga cara mengatur rencana dan jadwalnya

Pertama, jadwalkan acara tersebut. Sederhana: Buat akun pada platform yang memungkinkan Kamu untuk menjadwalkan acara dan kemudian menggunakan dasbor untuk memilih tanggal, waktu, dan durasi.

Selanjutnya adalah perencanaan panggung paling penting. Kamu dapat menyesuaikan pengaturan untuk membuat Seminar Web Kamu memenuhi kebutuhan dan tujuan audiens Kamu.

Untuk memudahkan audiens Kamu untuk memahami, Kamu dapat mengunggah materi tambahan. Sebelum Kamu memulai acara, pastikan untuk memeriksa ulang mikrofon, headset, webcam, dan koneksi internet Kamu.

Pemilihan dan konfigurasi peralatan yang diperlukan adalah langkah penting dalam organisasi webinar mana pun. Suara buruk, gambar tidak jelas, atau masalah teknis lainnya dapat merusak bahkan presentasi yang paling menawan.

Peralatan

Setelah mengetahui Apa itu webinar anda harus tau juga ini adalah Peralatan berikut diperlukan untuk meng-host Pertemuan online:

  • Tablet atau komputer yang terhubung internet
  • Perangkat lunak.
  • Kamera web.
  • Headset (headphone, mikrofon)
  • Lampu/Pencahayaan
  • Speakerphone

-Komputer

Pertemuan online dapat diadakan pada komputer modern apa pun. Kamu harus menginstal salah satu browser ini di komputer Kamu:

  • Google Chrome.
  • Mozilla Firefox
  • Safari.
  • Opera

Kecepatan internet Kamu adalah faktor utama dalam kualitas audio dan video. Ini tidak boleh kurang dari 10 MB / s untuk webinar dengan siaran video. Jika webcam tidak digunakan, 4Mbps harus cukup.

Yang terbaik adalah memutus Skype dan berhenti mengunduh selama acara berlangsung. Tutup tab browser apa pun yang tidak diperlukan selama acara.

-Software untuk webinar

Keberhasilan webinar Kamu tergantung pada Software yang Kamu gunakan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih perangkat lunak yang tepat :

  • Apakah Kamu memiliki kemampuan untuk memiliki beberapa presenter?
  • Apakah Kamu dapat mengakses fitur-fitur seperti video HD dan latar belakang khusus?
  • Apakah anggota audiens diperlukan untuk menginstal plugin untuk melihat video?
  • Apa ukuran audiens yang dapat Kamu jangkau?

Mudah untuk merekam dan berbagi hasil acara nya. Kamu juga dapat menggunakan obrolan langsung atau streaming langsung.

-Webcam

Banyak laptop dan komputer memiliki webcam built-in, yang dapat digunakan untuk host webinar.

Webcam mandiri dapat meningkatkan kualitas video. Kamu dapat menghubungkannya ke komputer Kamu melalui FireWire atau USB. Halaman ini mencantumkan webcam teratas yang dapat Kamu gunakan untuk acara.

-Lampu

Tidak perlu banyak untuk mengadakanya. Cukup tambahkan beberapa sumber cahaya. Ukuran ruang yang Kamu letakkan akan menentukan berapa banyak sumber yang Kamu butuhkan.

Kamu harus menyeimbangkan level cahaya yang berasal dari segala arah saat menggunakan sumber cahaya. Warna cahaya yang sama harus digunakan di sekitar. Ini adalah ide cerdas untuk menggunakan pencahayaan cincin saat hosting webinar. Lampu cincin membuat cahaya dengan cara yang seimbang, sambil menghindari bayangan.

-Headphone, dan Mikrofon

Kamu harus memperhatikan pemilihan headset. Tidak masalah seberapa menarik acara Kamu, itu akan gagal jika para peserta tidak mendengar Kamu. Meskipun sebagian besar komputer dan laptop dilengkapi dengan mikrofon dan speaker, mereka memiliki kualitas suara yang rendah dan efek gema.

Setiap headset 3,5mm stkamur atau headset USB cukup untuk melakukan acara. Ini memberikan kualitas suara yang lebih jelas dan pengurangan kebisingan berkat kartu pemrosesan suara bawaannya.

-Speakerphone

Speakerphone dapat bermanfaat jika Kamu memiliki beberapa presenter webinar di satu tempat. Speakerphone adalah perangkat yang menggabungkan mikrofon dengan speaker. Speakerphone dapat menularkan suara hingga tiga meter. Ini juga menghilangkan suara dan gema akustik.

Kamu sekarang memiliki peralatan dan akun di platform webinar. Selanjutnya, pelajari cara menarik lebih banyak orang ke webinar Kamu.

 

Hosting webinar

Setelah Mengetahui apa itu webinar ,kamu akan mempelajari bagaimana caranya Hosting sebuah Webinar Kamu sekarang telah mengirimkan tautan undangan ke semua peserta Kamu. Setelah semuanya diperiksa, Kamu siap memulai acara. Ini adalah kesempatan Kamu membuat kesan pada peserta Kamu dan mencapai semua tujuan Kamu.

Apa itu Webinar
ilustrasi undangan webinar

Komunikasinya hanya sesederhana ini:

  • Kamu hanya berbicara dengan hadirin saat duduk di komputer atau tablet. Ini hanya sebagian dari cerita.
  • Alat interaktif seperti berbagi desktop dapat digunakan untuk menampilkan grafik digital, tabel, dan keynote. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk memahami informasi dan membantu Kamu memvisualisasikannya.
  • Peserta dapat menonton, mendengarkan dan berkomunikasi satu sama lain melalui obrolan atau forum.
  • Jawab semua pertanyaan dan jawab semua komentar. Peserta mana pun dapat diizinkan untuk mengambil lantai jika perlu. Tidak mungkin instruktur untuk melihat semua peserta selama webinar.
  • Jangan panik jika Kamu dihadapkan dengan heckler atau troll selama acara langsung. Blokir mereka dan tanyakan kepada moderator untuk bantuan. Audiens Kamu harus dapat mengakses konten berkualitas.
  • Peserta dapat bertanya dan menjawab pertanyaan setelah sesi berakhir. Rekaman acara biasanya dikirim ke semua peserta jika terjadi keadaan darurat atau jika seseorang terlambat.

Sebuah survei cepat adalah ide bagus, sehingga Kamu dapat meningkatkan masa depan.

Sekarang setelah Kamu memahami seperti apa itu webinar, sekarang saatnya untuk mulai membuat acara pertama Kamu.

 

Tentang Citra Palastri

SEO Professional ,Author & Penulis yang Berpengalaman di Bidang Teknologi Komunikasi lebih dari 5 Tahun

Check Also

Perbedaan iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro & 13 Pro Max

Review Perbedaan iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro & 13 Pro Max

Perbedaan iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro & 13 Pro Max – Apple membawa udara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *