Samsung Galaxy S21 Ultra

Samsung Galaxy S21 Ultra Spesifikasi & Review Lengkap

Samsung Galaxy S21 Ultra –  adalah jagoan terbaru dari Keluarga Galaxy. Tetapi Samsung telah mengubah strateginya untuk seri ponsel andalan nya Galaxy S21 yang baru. Alih-alih memuat ketiga ponsel  S21, S21 Plus dan S21 Ultra dengan spesifikasi terbaik, S21 dan S21 Plus dilucuti.

Baik Galaxy S21 dan S21 Plus memiliki layar beresolusi lebih rendah daripada S20 dan S20 Plus tahun lalu. Juga tidak ada yang baru di bagian depan kamera dari sudut pandang perangkat keras; dan keduanya juga memiliki bagian belakang plastik — selangkah dari kaca di semua S20.

Pergeseran ini tidak terlalu mengejutkan. Dalam tahun resesi dan pandemi, flagships yang dilucuti diterima dengan baik, dengan ponsel seperti Google Pixel 5 dan OnePlus 8T menyajikan beberapa daya tarik unggulan yang sadar biaya.

Galaxy S21 Ultra Ini sangat buas. Dengan layar 6,8 inci, daya terbaik, baterai 5.000mAh yang sangat besar, dan penyimpanan hingga 512GB dan RAM 16GB, Anda tidak dapat berdebat dengan spesifikasinya. Ini juga membawa kembali resolusi 108MP setinggi langit tahun 2020 Samsung top-enders seperti Galaxy S20 Ultra dan Note 20 Ultra, dan mencocokkannya dengan zoom optik 10x.

Review Samsung Galaxy S21 Ultra

Spesifikasi

  • Screen size : 6.8″
  • Max. display refresh rate : 120Hz
  • Kamera Belakang :
    • Wide (108MP LASER AF)
    • Ultra wide (12MP AF, 0.6x)
    • Telephoto1 (10MP AF, 3x)
    • Telephoto2 (10MP AF, 10x)
  • Zoom  : 100x (Optical 3x/10x)
  • Kamera Depan : 40MP AF
  • Baterai : 45000mAh
  • S Pen support : Ya

Harga

Tipe

Harga

Samsung Galaxy S21 Ultra Internal 128GB | RAM 12GB

Rp 18.999.000

Samsung Galaxy S21 Ultra Internal 256GB | RAM 12GB

Rp 19.999.000

Samsung Galaxy S21 Ultra Internal 512GB | RAM 16GB

Rp 21.999.000

Desain & Layar

Desain dan Layar Samsung Galaxy S21 Ultra
samsung.com

Samsung Galaxy S21 Ultra adalah smartphone besar, menggabungkan ukuran layar 6,8 inci dengan bodi 227g. Ini lebih tebal dari iPhone 12 Pro Max, berukuran 8.9mm versus 7.4mm Max, dan sedikit lebih tinggi. Yang mengatakan, itu juga lebih sempit, dengan bezel yang lebih kecil dan tampilan rasio aspek 20:9 yang kurang jongkok.

Bagian depan adalah layar penuh, dengan rasio layar terhadap tubuh 90 persen dan kamera selfie cutout. Tidak ada tombol atau port di sisi kiri atau atas, dengan tombol power dan volume di kiri, serta port USB-C dan baki SIM di bagian bawah.

samsung.com

Di sekitar bagian belakang ponsel terdapat kamera yang menonjol keluar dari bingkai logam yang dipoles, serta panel belakang Gorilla Glass matte.

Gaya ponsel ini berani, tetapi agak hilang dalam varian hitam. Yang mengatakan, untuk ponsel hitam, itu sangat anti sidik jari, dan dengan ketersediaan dalam lima warna: Phantom Black, Phantom Silver, Phantom Titanium, Phantom Navy dan Phantom Brown – Anda memiliki pilihan.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Meskipun desainnya mungkin 7,5/10, layarnya mendapatkan 10 yang sempurna. Teknologi Samsung Dynamic AMOLED 2X menghadirkan kecepatan refresh 120Hz, dukungan HDR10+, kecerahan puncak 1500-nit, dan resolusi 1440 x 3200 (kepadatan piksel 515 PPI).

Kecepatan refresh adaptif baru berarti keluarga Galaxy S21 dapat secara otomatis beralih antara 10Hz yang hemat daya dan 120Hz yang halus seperti sutra. Itu keren, tetapi S21 Ultra membawa segalanya lebih jauh dengan resolusi WQHD+ yang tajam.

Semua kecerdasan layar itu berpadu dengan tampilan yang cerah dan mudah dilihat yang hidup, dalam, bertinta, dan suguhan untuk ditonton, digesek, dipotret, dan diedit. Samsung tidak hanya membuat layar, tetapi juga menyempurnakannya dengan penyetelan, dan S21 Ultra menetapkan tolok ukur baru.

Kamera

Modul kamera utama Samsung Galaxy S21 Ultra dilengkapi dengan sensor 108 MP 1/1,33″, piksel 0,8µm, dan lensa f/1,8, 26mm. Juga dilengkapi dengan OIS, kamera ini berfokus menggunakan kombinasi PDAF dan Laser AF.

Dengan ultrawide 12 MP, Galaxy S21 Ultra menurunkan resolusi, dan dengan itu, aperture juga, ke (masih terhormat) f/2.2. Dengan bidang pandang setara 13mm, ini lebih lebar daripada ultrawide Huawei Mate 40 Pro, meskipun dengan sensor 1/2,55″ dengan piksel 1,4µm, tidak terlalu besar. Selain itu, ia menampilkan piksel ganda. PDAF, dan EIS Samsung.

Mengemas dua kamera telefoto, keduanya menampilkan sensor yang sama, kamera telefoto jarak dekat S21 Ultra adalah modul 10 MP, f/2.4, 70mm dengan zoom setara 3x. Namun, yang menjadi headline grabber adalah modul 10 MP, f/4.9, 240mm yang menghadirkan pembesaran optik 10x yang didambakan yang hanya dicapai oleh P40 Pro Plus dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan resolusi kamera depan 40 MP, S21 Ultra juga meningkatkan piksel untuk selfie dibandingkan dengan vanilla S21 dan Plus, yang kamera selfie-nya 10MP. Dengan lensa f/2.2, 26mm, spesifikasi selfie terbaca dengan mudah. Meskipun demikian, dengan pengambilan video PDAF dan 4K hingga 60fps, ini jelas merupakan salah satu kamera depan yang lebih berspesifikasi yang kami gunakan.

Untuk video, S21 Ultra memperkenalkan Director’s View baru ke lini, yang mendukung pratinjau langsung dari tiga panjang fokus dalam UI saat memotret, sehingga Anda tahu persis tampilan mana yang Anda alihkan. Ponsel ini juga merekam video hingga resolusi 8K (hanya menggunakan kamera utama), atau resolusi 4K/FHD (menggunakan keempat kamera).

Performa Kamera

Sensor tertentu memiliki karakteristik khusus, dan garis ISOCELL 108MP Samsung tidak terkecuali. Selain itu, ukurannya membantunya menangkap kedalaman di mana kamera lain menjaga semuanya tetap fokus secara tidak elegan. Ini juga merupakan bintang rock dalam hal kejelasan

dengan gambar-gambarnya yang mengemas detail yang jelas pada titik tertajamnya. Ada beberapa kekurangan, seperti yang dialami pada Galaxy Note 20 Ultra dan Xiaomi Mi Note 10 (keduanya menggunakan modul Samsung 108MP). Yang paling menonjol adalah cara subjek dengan cahaya latar dapat terlihat sedikit pudar, dengan rentang dinamis terkadang kalah dari Huawei Mate 40 Pro atau iPhone 12 Pro Max.

Baca Juga :   Samsung Galaxy S21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Di lingkungan yang cerah, foto-foto S21 Ultra sebagian besar sangat bagus – dibuat lebih baik lagi jika Anda sedikit mengurangi pencahayaan bidikan dengan bilah eksposur. Jika Anda berasal dari ponsel Samsung dan menyukai tampilan Samsung, maka Anda tidak bisa salah di sini. Foto-foto Ultra tajam dan bersemangat, dengan kualitas khas Samsung. Samsung tanpa ampun meningkatkan ketajaman gambar dan meningkatkan kontras dan pengurangan noise dalam pemandangan yang menantang. Ini menghasilkan bidikan yang terlihat tajam hingga Anda mencubit, setelah itu pemrosesan agresif terlihat.

Bagi siapa pun yang menyukai beberapa sentuhan tambahan pada jepretan mereka, gambar S21 Ultra sangat Instagramable.

Dalam hal penanganan kebisingan, Galaxy S21 Ultra menghilangkan butiran apa pun saat lampu mati. Ini mungkin terdengar hebat, tetapi berarti fotonya kalah pada ponsel bernuansa seperti seri iPhone 12 dan OPPO Find X2 Pro capture.

Gaya ini dibawa ke kamera tambahan ponsel, meskipun secara mengejutkan lebih buruk dalam hal jangkauan dan detail dinamis daripada sensor utama. Ultrawide adalah langkah maju yang disambut baik dibandingkan dengan banyak lainnya, dengan fokus otomatis yang mendukung fotografi makro sedekat beberapa sentimeter dan distorsi minimal – belum lagi bidang pandang yang sangat luas.

Ponsel ini juga memiliki banyak mode tambahan, dari Tampilan Sutradara yang menyenangkan yang kami sebutkan di atas hingga opsi Video Pro dan foto. Sayangnya, mode Pro hanya berfungsi pada kamera wide dan ultrawide, jadi Anda tidak akan bisa mengontrol kamera telefoto Anda. Plus, Samsung memberi Anda kontrol atas kontras, saturasi, warna, dan elemen lain dari foto Anda, jadi meskipun Anda tidak suka memotret RAW, Anda masih dapat menerapkan penyesuaian di luar eksposur dan fokus.

Pemotretan video pada S21 Ultra distabilkan dengan indah di seluruh resolusi, dioptimalkan untuk layar ponsel, dan merupakan suguhan untuk ditangkap dan ditonton kembali. Ini dapat dipotret hingga 30fps dalam 8K, 60fps dalam 4K, dan dengan audio terarah serta kombinasi OIS dan EIS yang dimainkan, sangat bagus secara keseluruhan.

Memotret pada 8K mungkin terdengar sangat berlebihan, tetapi gambar diam yang diambil dari video 8K terlihat cukup layak untuk dibagikan, sehingga memberi pemilik S21 Ultra dengan sedikit fleksibilitas ekstra. Adapun kamera depan 40MP, pada gilirannya untuk buku, Samsung sebenarnya menerapkan lebih sedikit pelunakan dan pemrosesan untuk selfie, sehingga mereka mengambil lebih banyak butiran dalam mode otomatis daripada foto dari kamera utama. Namun hasilnya tajam, dan dapat dibagikan, meskipun jika Anda menginginkan selfie yang paling bagus, kamera depan Huawei masih menjadi pilihan kami.

Baca Juga :   Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Spesifikasi Tambahan

Tergantung di mana Anda berada, S21 Ultra akan hadir dengan salah satu dari dua kemungkinan chipset. Didukung oleh Exynos 2100 di sebagian besar pasar, jika Anda berada di China atau AS, S21 Ultra Anda akan menggunakan Qualcomm Snapdragon 888. Sementara di masa lalu, ada masalah dengan manajemen panas pada perangkat yang didukung Exynos, 2100 meningkatkan banyak hal ke titik paritas dekat.

Menjalankan Android 11 dan One UI versi 3.1, perangkat lunak terbaru Google dan Samsung digabungkan untuk menghadirkan pengalaman antarmuka terbaik Samsung hingga saat ini. Masih ada masalah dengan bloatware, dengan Microsoft dan Samsung menyediakan alternatif yang dimuat sebelumnya untuk aplikasi Google Chrome dan Gmail, tetapi di antara skema warna baru yang disempurnakan dengan indah, Samsung memberi pengguna opsi untuk membuang Bixby demi Google Assistant, dan sejumlah kegembiraan lain yang Anda temui saat menggunakannya, S21 Ultra bukan hanya ponsel kamera yang bagus, tetapi juga ponsel yang hebat.

Juga patut dicatat, ini adalah smartphone non-Note pertama yang mendapatkan integrasi S Pen, sehingga mendukung 4.096 tingkat sensitivitas tekanan. Itu tidak bersaing dengan Note 12 Ultra, kehilangan dukungan Bluetooth Pen dan latensi yang hampir tidak ada. Yang mengatakan, sebagai nilai tambah, ini adalah epik untuk seniman dan pencatat.

Tersedia dengan penyimpanan 128GB (12GB RAM), penyimpanan 256GB (12GB RAM) dan penyimpanan 512GB (RAM 16GB), opsi penyimpanan berlimpah, meskipun tidak ada dukungan kartu microSD di sini.

Pembulatan, baterai 5.000mAh yang sangat besar, yang mengisi daya hingga 25W dengan kabel, dan pada 15W Dengan pengisi daya nirkabel, S21 Ultra bertahan seharian penuh bahkan dengan penggunaan yang relatif berat.

Kesimpulan

Untuk ponsel dengan harga ini, Samsung Galaxy S21 Ultra Sangat unggul. Tentu, kami telah melihat kamera 108 MP sebelumnya di ponsel Samsung lama. Itu selalu bagus, dan meskipun fotonya tidak bernuansa seperti beberapa yang terbaik di luar sana, cocok dengan zoom 10x, ultrawide yang layak, dan banyak mode pemotretan, sistem kamera, secara keseluruhan, menjadikannya salah satu ponsel kamera terbaik tahun 2021. Mengingat fakta bahwa kompetisi Kualitas Kamera utamanya berasal dari Huawei P40 Pro Plus, ponsel tanpa akses ke layanan Google, smartphone superzoom Samsung akan menjadi satu-satunya pertimbangan telefoto 10x untuk sebagian besar.

Tambahkan ke campuran nilai tambah yang dimuat Samsung dengan dukungan S Pen itu, layar ponsel yang menakjubkan, antarmuka yang ditingkatkan, dan kinerja yang solid, dan jika Anda dapat menangani bobotnya (dan label harga itu), maka S21 Ultra adalah pemenang yang jelas. .

Tentang Zhafira Diandra

SEO Professional, Author & Penulis yang telah berpengalaman di bidang Internet Marketing dan Teknologi selama 5 Tahun

Check Also

samsung galaxy z flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung Samsung Galaxy Z Flip …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *