Aplikasi Cek Kualitas Udara Terbaik Android & iOS

Kualitas udara bisa menjadi penentu kesehatan suatu lingkungan dan mahluk hidup di dalamnya. Udara yang sehat pastinya berdampak baik bagi kehidupan di dalamnya, begitupula sebaliknya. Udara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan menjadi syarat pokok kehidupan setiap mahluk di muka bumi. Karenanya, dibutuhkan kualitas udara yang baik, tidak tercemar polusi, atau membahayakan kesehatan sehingga aktivitas mahluk hidup dapat berjalan lancar.

Sedikitnya ada lima aplikasi cek kualitas udara yang bisa digunakan. Dengan memahami ulasan ini, pengguna smartphone bisa dengan mudah memeriksa kondisi kualitas udara melalui gawainya. Seiring perkembangannya, kualitas udara di dunia berangsur-angsur memburuk. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk bagi manusia yang sering melakukan aktivitas di ruangan terbuka.

Sebagai salah satu solusi, mulai muncul berbagai aplikasi cek kualitas udara. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengetahui kondisi kualitas udara yang ada di sekitarnya. Lantas, apa sajakah aplikasi cek kualitas udara terbaik yang bisa digunakan? Dilansir dari situs Gizmochina, berikut ulasannya :

1. BreezoMeter

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi seputar kualitas udara, cuaca, hingga peringatan kebakaran. Dengan memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) secara produktif, BreezoMeter bisa menghitung kualitas udara secara real-time dan akurat. Aplikasi ini sangat berguna bagi pengguna untuk menentukan waktu terbaik dalam melaksanakan aktivitas di luar ruangan. BreezoMeter tersedia pada lebih dari 92 negara termasuk Indonesia dan bisa diunduh dengan mudah. Selain itu, BreezoMeter juga diketahui memiliki lebih dari 7.000 stasiun pemantauan kualitas udara resmi di seluruh dunia. Aplikasi ini bisa digunakan di Android maupun iOS.

2. IQAir AirVisual

AirVisual memiliki layanan untuk mengukur, memelihara, serta memantau kondisi polusi udara di tingkat kota. Aplikasi cek kualitas udara ini mengambil data polusi dari pusat terdekat setelah pengguna memilih lokasinya. Selain itu, AirVisual juga mengekstrak informasi polusi dari situs resmi pemerintah untuk menjaga keakuratan data. Tak hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur berupa peta grafis untuk melihat status polusi di seluruh dunia melalui globe. IQAir Air Visual tersedia di platform android dan iOS. Jadi, pengguna bisa dengan mengunduhnya melalui Play Store ataupun App Store.

3. Air Matters Air Matters

menampilkan kualitas udara real-time untuk lebih dari 180 negara. Aplikasi ini menunjukan indeks kualitas udara yang diperoleh dari data stasiun pemantauan terdekat. Air Matters bisa diunduh dengan mudah oleh pengguna android maupun iOS. Versi gratis aplikasi ini didukung oleh iklan, sedangkan versi premiumnya tersedia dengan harga tahunan.

4. Plume Labs

Plume Labs menawarkan cakupan penuh dari kualitas udara di kota-kota besar seluruh dunia. Uniknya, aplikasi ini memiliki perkiraan yang diupdate setiap jamnya, sehingga data kualitas udara pun akan lebih akurat. Plume Labs membantu untuk merekomendasikan waktu terbaik keluar rumah dan melakukan aktivitas di luar dengan aman. Sekitar 70 persen pengguna yang telah di survei diketahui telah menghirup udara yang lebih bersih setelah menggunakan aplikasi ini.

5. Shoot! I Smoke

Sebenarnya, aplikasi ini menampilkan konversi indeks kualitas udara menjadi jumlah rokok yang dikonsumsi. Namun, pengguna juga bisa melihat tingkat polutan melalui opsi ‘Lihat Lebih Detail’. Aplikasi ini ditampilkan di beberapa media besar karena pendekatannya yang unik terhadap Indeks Kualitas Udara.

Demikian ulasan mengenai aplikasi cek kualitas udara terbaik yang bisa digunakan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda. Selamat mencoba!

Tentang Adjie Prasetyo

Seorang Trader, Entrepreneur dan Penulis yang senang berbagi segala hal mengenai Bisnis, Trading dan Teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published.