Sejarah Perkembangan Smartphone dari Masa ke Masa

Ponsel pintar kini menjadi barang yang inklusif dan dimiliki banyak orang. Namun demikian, tidak seperti televisi maupun alat elektronik lainnya, ponsel pintar mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa.

Ponsel pintar atau yang lebih dikenal dengan smartphone ini sudah menjadi alat yang tak sekedar untuk komunikasi saja, namu juga urusan perbankan, perdagangan, pendidikan dan beberapa lainnya.

Kita semua bisa menggunakan smartphone untuk apa saja. Namun sebenarnya sejak kapan smartphone mulai muncul dan kita gunakan.

Penting diketahui sebelumnya, definisi buku teks yang solid berasal dari kamus Oxford, yang mendeskripsikan ponsel cerdas sebagai “ponsel yang melakukan banyak fungsi komputer, biasanya memiliki antarmuka layar sentuh, akses internet, dan sistem operasi yang mampu menjalankan aplikasi yang diunduh”.

Smartphone Pertama Tahun 1992

Apa ponsel paling awal yang Anda ingat pernah menggunakan? Baik itu Nokia atau Motorola, banyak orang menganggap ini sebagai perangkat yang berbeda dari smartphone yang kita kenal dan cintai saat ini.

Tidak mengherankan, banyak yang percaya bahwa Apple-lah yang menemukan smartphone dengan peluncuran iPhone mereka pada tahun 2007. Sebenarnya, BellSouth Cellular dan IBM menciptakan ” telepon masa depan ” lima belas tahun sebelumnya dengan harapan memberikan kenyamanan gabungan telepon, faks kepada pengguna. mesin, komputer, dan asisten digital pribadi di telapak tangan mereka.

IBM telah membayangkan ide untuk telepon bergaya komputer sejak tahun 1970-an, tetapi baru pada tahun 1992 perusahaan tersebut meluncurkan prototipe di pameran dagang komputer dan teknologi COMDEX di Las Vegas. Smartphone prototipe ini dikenal sebagai Simon Personal Communicator, tetapi tidak akan sampai ke konsumen sampai tahun 1994.

Baca Juga :   Smartphone Bagus dengan Harga Terjangkau untuk Driver Ojek Online

Selain melakukan dan menerima panggilan, prototipe Simon juga dapat mengirim faksimili, email, dan halaman seluler. Bahkan memiliki layar sentuh yang bagus untuk memanggil nomor.

Fitur tambahan termasuk aplikasi untuk kalender, buku alamat, kalkulator, penjadwal, dan notepad. IBM juga mendemonstrasikan bahwa ponsel ini mampu menampilkan peta, saham, berita, dan aplikasi pihak ketiga lainnya, dengan modifikasi tertentu.

Tahun 1996 hingga 2000-an, Beragam Merk Mulai Menyusul

Mirip dengan Simon Personal Communicator dari IBM, Nokia 9000 Communicator dirilis pada tahun 1996 dan dianggap canggih pada masanya. Ia datang dalam desain kulit kerang yang cukup besar dan dilengkapi keyboard qwerty, bersama dengan tombol navigasi, tulis thewhizcells.

Perangkat ini adalah salah satu ponsel pertama dengan internet yang memasuki pasar, dengan kemampuan penjelajahan web ditambahkan ke fungsi bisnis lainnya.

Yang paling menarik adalah Ericsson GS88 setahun kemudian, yang secara resmi dikenal sebagai “smartphone” pertama dengan nama. Demikian pula, BlackBerry 850 pada tahun 1999 dikenal sebagai komputer genggam nirkabel pertama yang memasuki pasar.

2001- Ponsel Bertemu Internet

BlackBerry adalah nama penting dalam teknologi telepon seluler dan telepon pintar selama awal tahun 2000-an. Perangkat pertama mereka yang mendukung email dan penjelajahan web diluncurkan pada 1999.

Baru pada tahun 2000 smartphone terhubung dengan jaringan 3G yang sebenarnya. Dengan kata lain, standar komunikasi seluler dibuat untuk memungkinkan perangkat elektronik portabel mengakses Internet tanpa kabel.

Inilah mula dari fitur yang bisa kita nikmati hingga sekarang seperti konferensi video dan pengiriman lampiran email yang cukup besar.

Pada 2004, blackberry telah diperluas untuk menampilkan tampilan berwarna dan penjelajahan web lengkap. Saat model-model yang lebih baru diciptakan, BlackBerry menjadi pemimpin pasar dalam smartphone sebagian dengan menyediakan teknologi dan aplikasinya kepada para profesional bisnis.

Baca Juga :   Penemu WiFi dan Sejarah Perkembangannya

Sayangnya, BlackBerry akan memulai tren penurunan tak lama setelah debut salah satu penemuan paling inovatif Apple – iPhone.

2007- Steve Jobs Menguasai Pasar

Salah satu tahun paling berpengaruh bagi perkembangan smartphone adalah tahun 2007. Itu adalah tahun Steve Jobs dan tim di Macworld meluncurkan iPhone pertama. Tidak hanya ini perangkat layar sentuh paling ramping yang memasuki pasar, itu juga merupakan perangkat pertama yang menawarkan versi internet yang lengkap dan tidak disederhanakan.

IPhone pertama memberi konsumen kemampuan untuk menjelajahi web seperti yang mereka lakukan di komputer desktop.

Perangkat ini ditawarkan pada level 4GB ($ 499) dan 8GB ($ 599). Ini membanggakan dengan masa pakai baterai hingga 8 jam! Keyboard QWERTY tradisional dilepas untuk menyediakan ruang bagi antarmuka layar sentuh penuh yang menggunakan sensor multi-sentuh.

2019 dan Seterusnya

Dan begitu saja, kita telah mencapai zaman modern. Sejak peluncuran iPhone empat belas tahun lalu, kita bisa menyimpulkan:

  • 21 lebih iPhone baru
  • Munculnya Android— Jawaban Google untuk iPhone
  • Ratusan iterasi perangkat keras smartphone Android
  • Munculnya aplikasi (dan monetisasi mereka)
  • Seniman jenis baru yang dikenal sebagai fotografer seluler
  • Pengiriman pesan dan pesan berlangsung melalui koneksi nirkabel

Dapat dikatakan bahwa smartphone telah mengubah cara kita menjalani hidup kita. Dari perkiraan 5 miliar pemilik ponsel di seluruh dunia, diperkirakan setidaknya 2,5 miliar di antaranya memiliki smartphone. Dan angka itu diperkirakan hanya akan meningkat.

Flipkart juga telah membagikan tren ponsel pintar teratas yang harus diwaspadai pada tahun 2021. Menurut laporan tren, hal-hal seperti ponsel siap 5G akan menjadi hal biasa tahun ini. Laporan tersebut juga memprediksi kedatangan faktor bentuk unik seperti layar OLED fleksibel dan ponsel yang dapat digulung.

Baca Juga :   Smartphone Bagus dengan Harga Terjangkau untuk Driver Ojek Online

“Desain smartphone tradisional juga mengalami perubahan drastis setelah cukup konsisten selama beberapa tahun terakhir. Sementara ponsel yang dapat dilipat telah diperkenalkan dengan berbagai fitur, layar OLED yang fleksibel sekarang memungkinkan untuk ponsel layar yang dapat digulung. Namun, ini kemungkinan besar akan tetap menjadi penggemar dan pengguna awal pada tahun 2021,” tulis laporan itu dilansir dari situs the star.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.