Apakah Telegram aman

Apakah Telegram Aman untuk Digunakan?, Berikut Penjelasanya !

Awal pekan ini, kami menghubungi tiga pakar keamanan untuk membahas Signal dan tentsng Apakah Telegram Aman? dan bagaimana menangani data Anda, tetapi Signal bukan satu-satunya aplikasi perpesanan yang telah melihat banyak pengguna baru tahun ini. Kali ini, kami berbicara dengan tiga ahli untuk mengetahui lebih lanjut tentang Telegram.

Kembali pada bulan Januari, WhatsApp mengumumkan bahwa pengguna akan diminta untuk setuju untuk berbagi data dengan Facebook untuk terus mengakses layanan pesan, menyebabkan ribuan pengguna mencari rumah baru untuk percakapan mereka. Salah satu yang paling populer adalah Telegram, yang menawarkan enkripsi, pesan penghancuran diri, dan mendukung obrolan grup hingga 200.000 orang.

Telegram dilaporkan memperoleh 100 juta pengguna baru pada bulan Januari, dan terus mendorong pengguna untuk beralih ke aplikasi dengan meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer riwayat obrolan mereka dari WhatsApp, Line atau KakaoTalk ke Telegram. Fitur paging berarti bahwa pengguna dapat menemukan semua lampiran dan stempel waktu mereka di Telegram dan dengan mulus melanjutkan percakapan dari tempat mereka tinggalkan.

Kami telah melihat WhatsApp dan Signal, dan sekarang giliran Telegram. Inilah yang dikatakan tiga pakar keamanan dari McAfee, F-Secure, dan Kaspersky tentang Telegram dan bagaimana ia menangani data Anda.

Apakah Telegram aman untuk diunduh?

“Telegram adalah layanan pesan instan dan aplikasi cloud lintas platform yang menampilkan opsi obrolan rahasia dengan enkripsi ujung ke ujung,” kata kepala ilmuwan dan Rekan McAfee, Raj Samani.

“Sementara Telegram adalah cara aman untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, ketika platform diunduh, data seperti alamat IP konsumen, detail perangkat, riwayat perubahan nama pengguna, dan lainnya disimpan di cloud data Telegram selama 12 bulan.”

Samani merekomendasikan pengguna untuk memeriksa pengaturan keamanan pada platform perpesanan apa pun yang mereka unduh untuk memastikan bahwa pengaturan telah dikonfigurasi dengan tepat.

Apakah Telegram Aman ? Tentu saja, salah satu nilai jual utama Telegram adalah fokusnya pada keselamatan dan keamanan pengguna. Namun, itu tidak berarti aplikasi tersebut bebas dari kerentanan keamanan, kata Joseph Foot, Associate Security Consultant di F-Secure,

Baca Juga :   Cara Hapus Akun Telegram Lengkap untuk Android,PC dan iOS

“Integritas aplikasi Telegram adalah karena model keamanan yang digunakan Telegram sebagai bisnis,” kata Foote.

“Salah satu poin pemasaran utama Telegram adalah fokus pada keamanan pengguna dan perlindungan dari penyerang potensial. Dalam praktiknya, ini dapat terlihat berjalan baik. Telegram adalah aplikasi open source, yang berarti siapa pun dapat mengauditnya dan memahami dengan tepat bagaimana data mereka dikumpulkan dan ditransmisikan. Namun, ini juga dapat membantu peretas mengembangkan serangan terhadap penggunanya.”

Ini juga tidak selalu tentang keamanan aplikasi itu sendiri.

“Android menyertakan layanan aksesibilitas bawaan dan penyerang telah diketahui mengeksploitasi kemampuan layanan ini untuk mengumpulkan data pengguna,” pemimpin peneliti keamanan Kaspersky, David Emm, memperingatkan.

“Tahun lalu kami menemukan Stalkerware yang dapat menggunakan fungsi standar ini untuk melihat teks pesan masuk dan keluar dari pengirim pesan instan.”

Untuk alasan ini, Anda harus memastikan untuk mengikuti aturan dasar saat memasang aplikasi baru apa pun untuk melindungi data Anda, termasuk hanya mengunduh aplikasi dari pasar resmi, menghindari tautan yang mencurigakan, memasang solusi keamanan di ponsel Anda, dan memperhatikan izin yang diminta. oleh seorang pengguna. Aplikasi, biasakan diri Anda dengan Perjanjian Pengguna Aplikasi.

Apakah Telegram lebih baik daripada aplikasi perpesanan lainnya?

Telegram telah meroket dalam popularitas selama beberapa bulan terakhir, tetapi bagaimana dibandingkan dengan layanan perpesanan lain di toko aplikasi iOS dan Android.

“Dengan platform perpesanan apa pun, ada kelebihan dan kekurangannya,” kata Samani.

Salah satu manfaat utama menggunakan Telegram adalah fokus pada privasi yang disebutkan di atas.

“Telegram dengan bangga memberi konsumen manfaat dari pesan yang merusak diri sendiri, dan bahkan melangkah lebih jauh, dengan tidak mengaktifkan penerusan pesan dalam percakapan rahasia, dan menjaga pesan konsumen tetap aman,” kata Samani.

Tetapi ini tidak berarti bahwa Telegram tidak tahu apa-apa tentang Anda.

“Ada juga kekurangan yang harus diperhatikan ketika mempertimbangkan keamanan data/pesan Anda. Kelemahan lain saat menggunakan Telegram di atas aplikasi perpesanan lain adalah platform dapat mengakses semua kontak Anda. McAfee menyarankan konsumen untuk sangat berhati-hati dengan informasi yang mereka miliki. pilih Bagikan melalui aplikasi perpesanan apa pun.

Pengguna tidak boleh terlalu cepat berasumsi bahwa pesan mereka dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung. Tidak seperti aplikasi perpesanan lainnya, Telegram sebenarnya mengharuskan Anda untuk memilih fitur tersebut dengan membuat obrolan rahasia.

Baca Juga :   Cara Hapus Akun Telegram Lengkap untuk Android,PC dan iOS

“Akan mudah untuk percaya bahwa Telegram menawarkan keamanan yang lebih besar daripada banyak solusi pesan instan yang tersedia, tetapi itu tidak sepenuhnya benar,” kata Foote.

Meskipun Telegram mengiklankan enkripsi ujung ke ujung, itu tidak diaktifkan secara default kecuali untuk ‘obrolan rahasia’, panggilan suara, dan panggilan video. Untuk individu yang sadar privasi, ini dapat memicu alarm di mana pesan Anda dapat dibaca oleh pihak jahat. Dan mungkin bahkan karyawan Telegram. Aplikasi seperti WhatsApp dan Signal menawarkan enkripsi end-to-end langsung, tanpa perlu pengguna secara khusus mengaktifkan fitur atau membuka jenis obrolan yang terpisah.”

Salah satu fitur utama yang membedakan Telegram dari aplikasi perpesanan yang bersaing adalah bahwa ia memiliki batas obrolan grup yang sangat besar hingga 200.000 orang. Namun, meskipun fitur ini bagus untuk memobilisasi kerumunan besar, fitur ini menghadirkan risiko keamanan baru yang tidak akan lazim di grup WhatsApp yang lebih kecil.

“Meskipun ini memiliki banyak efek menguntungkan, ada risiko keamanan utama yang harus diperhatikan saat menggunakan platform yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan cara ini dengan begitu banyak orang, beberapa di antaranya adalah orang asing,” kata Samani.

“Misalnya, ketika berpartisipasi dalam ukuran grup yang terlalu besar pada platform komunikasi apa pun, data orang dapat menjadi kurang aman, dan peserta dapat mengekstrak informasi pengguna dari grup dan saluran. Oleh karena itu, saat menggunakan aplikasi perpesanan, sebaiknya berhati-hatilah. tentang informasi apa pun yang Anda bagikan. Online “.

 

Apakah Telegram Aman untuk data Anda

Jadi, bagaimana dengan data Anda? Ketika datang ke pesan Anda, itu semua tentang enkripsi.

“Fitur utama Telegram adalah menyediakan dua lapis enkripsi aman bagi penggunanya,” kata Samani. Obrolan awan pribadi dan grup mendukung enkripsi server-ke-klien, sementara obrolan rahasia mendapat manfaat dari enkripsi klien-ke-klien. Dalam kedua kasus, pesan dienkripsi. Setiap bagian data yang dibagikan di Telegram diperlakukan sama, yang berarti teks, file, dan media sama-sama dienkripsi.”

Namun, memeriksa kebijakan privasi aplikasi menunjukkan bahwa melindungi data Anda lebih dari sekadar mengenkripsi pesan Anda.

Baca Juga :   Cara Hapus Akun Telegram Lengkap untuk Android,PC dan iOS

“Kebijakan privasi Telegram menyatakan bahwa ‘Kami dapat mengumpulkan metadata seperti alamat IP Anda, perangkat, aplikasi Telegram yang telah Anda gunakan, riwayat perubahan nama pengguna, dll.'” kata Foote. “Sangat mengkhawatirkan bahwa daftar ini tidak lengkap atau terperinci di tempat lain. Di atasnya, apa yang mereka lakukan dengan data yang dikumpulkan tidak ditentukan secara ketat, dapat “disimpan selama maksimal 12 bulan”.

Ini tidak abnormal.

“Hampir semua perusahaan akan menyimpan setidaknya sejumlah data Anda dalam satu atau lain bentuk. Biasanya, ini untuk tujuan yang sah, tetapi ini tidak dijamin,” kata Foote.

Namun, ini adalah sesuatu yang harus Anda waspadai jika Anda berpikir untuk mengalihkan obrolan ke aplikasi.

Jadi, haruskah Anda mentransfer obrolan WhatsApp Anda ke Telegram?
“Kedua sistem menyediakan fungsionalitas yang serupa dan tingkat privasi yang berbeda-beda,” kata Foot.

Ketika Facebook mengakuisisi WhatsApp, mereka mengumumkan bahwa berbagi data pengguna akan diperlukan dengan Facebook. Bagi banyak pengguna, ini adalah titik balik untuk transisi ke layanan alternatif, tetapi masing-masing memiliki potensi kekurangannya.”

Pada akhirnya, keputusan tergantung pada apa yang Anda cari di aplikasi perpesanan, dalam hal keamanan dan fitur yang ditawarkan setiap aplikasi.

“Audiens yang berbeda mungkin melihat alasan yang berbeda untuk memilih satu dari yang lain juga. Misalnya, WhatsApp menawarkan panggilan video grup yang dapat bermanfaat bagi siswa dalam situasi belajar jarak jauh selama pandemi. Sejauh ini alasan terbesar untuk tetap menggunakan WhatsApp adalah untuk mempertahankan tujuan akhir. enkripsi ujung ke ujung tanpa Perlu mengingat untuk memasukkan Obrolan Rahasia setiap saat, seperti yang diwajibkan dengan Telegram.

Meskipun tidak ada enkripsi end-to-end default, Telegram menawarkan beberapa opsi keamanan untuk melindungi data penggunanya.

“Telegram dengan bangga memberi konsumen beberapa opsi keamanan untuk menjaga keamanan data mereka,” kata Samani. “Telegram telah membuat kunci kode sandi, yang merupakan opsi bawaan di aplikasi bawaan, yang berarti kode sandi diperlukan untuk menggunakan fungsi obrolan setiap kali aplikasi dibuka.”

Meskipun ini adalah fitur keamanan yang disambut baik, McAfee juga menyarankan pengguna untuk mengaktifkan otentikasi multi-faktor untuk menambahkan lapisan keamanan lain ke akun mereka jika mereka memilih untuk bermigrasi ke Telegram.

Tentang Citra Palastri

SEO Professional ,Author & Penulis yang Berpengalaman di Bidang Teknologi Komunikasi lebih dari 5 Tahun

Check Also

Cara Hapus Akun Telegram

Cara Hapus Akun Telegram Lengkap untuk Android,PC dan iOS

Cara Hapus akun Telegram – Hai Sobat Tekno Advisor Anda dapat menghapus akun dan menghapus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *