Samsung Galaxy A22 5G

Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Samsung A22 5GHalo sobat tekno advisor, belum lama ini Samsung Indonesia mengeluarkan smartphone 5G mereka yang terbaru. Samsung A22 5G menjadi senjata terbaru Samsung untuk pasar smartphone 5G murah di Indonesia.

Dengan harga harga 3 Jutaan ,Samsung A22 5G siap meramaikan pasar mid range di Indonesia. Seperti seri A Samsung yang lain, Smartphone besutan samsung ini memiliki desainnya yang cukup cantik dengan bahasa desain Samsung di 2021 ini. Backcover yang bertesktur doff/mate membuatnya sukses tampil mewah dan elegan.

Baca Juga : Hp 5g Murah Lainya, Dengan Harga Murah dan Spesifikasi Dewa

Apa saja sih keunggulan Samsung A22 5G ini di bandingkan dengan kompititor lainnya, penasaran ? yuk simak terus Review dari Samsung A22 5G di bawah ini :

Spesifikasi Samsung A22 5G

Bodi Ukuran  167 x 76,4 x 9 mm
Berat 203 gr
Layar Ukuran 6,6 inc, Panel PLF TFT (IPS SAMSUNG)
Resolusi FullHD+ (1080 x 2400) Aspek Rasio 20:9
Refresh Rate 90Hz
Chipset MediaTek 700 5G
GPU Mali G-57
OS Android 11, MIUI 12
Memori RAM 6GB ROM 128GB
Dedicated Slot Memory
Kamera Belakng Tripel Camera
Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide)
5 MP, f/2.2, 115˚ (ultrawide)
Depth 2 MP, f/2.4
Perekaman Video 2K@30fps
Kamera Depan 8 MP, f/2.0,  (wide)
Perekaman Video 1080p@30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast Charging 15W

 Harga Samsung A22 5G

Samsung A22 5G 6/128GB Rp3.299.000

Review Samsung A22 5G

DESAIN

Desain Galaxy A22 5G

Samsung A22 5G memiliki desain yang sangat cantik nan elegan, dimana bagian belakang smartphone ini bertesktur mate/doff yang membuatnya nampak elegan. Karena teskturnya mate sehingga membuat bekas sidik jari tidak terlihat di bagian belakang Samsung A22 5G.

Baca Juga :   Samsung Galaxy S21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Bodi Smartphone ini terbilang cukup nyaman di genggam dengan layar 6,6 inci dan tebal 9mm. Meski memiliki berat sedikit diatas 203gr, lebih tepatnya 203gr penggunaan dengan satu tangan masih cukup enak. Backcovernya yang rata membuat di telapak tangan sedikit kaku tapi rasanya itu terbayarkan jika melihat desain Samsung A22 5G yang elegan.

Meskin tampak cantik ,Smartphone ini masih berbahan polycarbonate/plastik baik di bagian belakang maupun frame dari smartphone ini. Sementara itu  dibagian samping kanan terdapat tombol volume dan tombol volume yang sekaligus pemindai sidik jari.

Di bagian kiri hanya ada slot SIM tray yang sudah dedicated dengan slot MicroSD. Dibagian bawah terdapat jack audio 3.5mm, port USB, Microphone dan Satu Grill Speaker. Smartphone ini tersedia dengan dua varian warna yaitu, Violet dan Grey.

LAYAR

Layar Samsung A22 5G ini memiliki bentang layar sebesar 6.6 inci dengan Infinity-V untuk kamera depan yang berosolusi 8MP serta resolusi layar yang sudah FullHD+. Panel yang digunakan di smartphone ini berjenis PLS TFT atau bisa dibilang IPS nya Samsung.

Walau ada embel – embel “TFT” layar di smartphone ini terbilang bagus tidak beda jauh dengan LCD IPS dikebanyakan smartphone dikelasnya. Walau tidak memakai layar andalan samsung yaitu Super Amoled, layar ini cukup bagus dengan warna yang vibrant, kontras yang cukup dan viewing angle yang luas.

Tidak kalah dengan smartphone 5G yang lain diharga yang sama, Smartphone ini memiliki refresh rate 90Hz yang membuat pengalaman scrolling disosmed begitu mulus dan lancar.

PERFORMA

Untuk urusan performa Samsung A22 5G ini dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 700 5G (7nm). Dengan RAM 6GB dan Memori Internal 128GB yang masih diperluas dengan slot MicroSD hinggan 1TB.

Baca Juga :   5 Rekomendasi HP 5G Murah dengan Spesifikasi Dewa 2021

Seperti kebanyakan smartphone 5G murah lainnya, performa Smartphone ini terbilang cukup untuk pemakaian kasual sehari – hari. Kegiatan multitasking sehari – hari dapat berjalan dengan lancar dengan dukungan RAM 6GB, dan untuk kebutuh penyimpanan smartphone ini terbilang sudah memenuhi standar 2021 yang sebesar 128GB.

Bahkan jika kalian masih merasa kurang kalian bisa memakai MicroSD hingga 1TB, karena slotnya terpisah dengan SIM1 dan SIM2. Samsung A22 5G ini tentunya bisa diajak untuk bermain game ringan hingga berat sekalipun.

Bermain game smartphone ini dapat menghasilkan performa yang cukup optimal, dimana game Mobile Legends dapat settingan rata kanan dengan high frame rate. Untuk game PUBGM bisa mendapatkan settingan Smooth dengan frame rate Ultra, di game ini tidak ada kendala yang cukup berarti. Sama halnya di game CODM bisa mendapatkan settingan rata kanan, akan tetepi di game Genshin Impact untuk mendapatkan pengalaman yang playable, kita harus memakai settingan lowest untuk mendapatkan frame rate stabil.

Performa yang cukup baik ini ditunjang dengan baterai yang cukup jumbo sebesar 5.000 mAh. Baterai yang besar ini cukup untuk menemani kalian hingga malam hari dengan catatan tidak bermain game secara nonstop.Hp ini juga sudah support fast charging 15W pengisian baterai dari 0 sampai 100 membutuhkan waktu dua jam.

KAMERA

Dibagian kamera Samsung A22 5G ini menggunakan setup triple camera dimana kamera utamanya beresolusi 48 MP, f/1.8, 26mm (wide) lensa Ultrawide 5 MP, f/2.2 dengan luas pandangan sebesar 115˚ dan kamera depth 2MP, Serta kamera depan yang beresolusi 8MP.

Ada yang unik disetup kamera Smartphone ini, samsung lebih memilih memasukan kamera Ultrawide 5MP dibandingkan dengan kamera makro. Tentunya dipenggunaan sehari – hari lensa ini lebih terpakai dibandingan dengan lensa makro.

Baca Juga :   Vivo V21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Hasil foto utama dari A22 5G ini cukup bagus dikelas harganya dengan saturasi warna yang cukup natural, dynamic range yang cukup luas dan ketajaman yang bagus saat kondisi siang hari. Namun dengan lensa Ultrawide cukup ada penurunan kualitas dari segiketajaman mengingat resolusinya hanya 5MP, tetapi untuk kebutuhan sosial media sudah sangat cukup. Untuk foto di malam hari atau lowlight ada fitur nightmode yang membantu menajamkan dan mencerahkan hasil potretnya.

Yang cukup saya salut yaitu ada di perekaman video di kamera ini, A22 5G mampu merekam diresolusi 2K@30fps dengan cukup stabil. Warna yang ditangkap pun cukup oke dan detail yang bagus, tapi jika ingin video lebih stabil bisa turunkan resolusi ke 1080p@30fps maka hasil videopun akan jauh lebih stabil. Kamera Ultrawide juga mampu merekam di resolusi 1080p@30fps dengan kualitas yang tidak jauh berbeda dengan kamera utamanya.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari review Samsung A22 5G ini bagaimana sih ?, jujur smartphone ini dapat menjadi pilihan jika kalian sedang mencari smartphone samsung dengan budget 3 jutaan. Kalian akan mendapatkan desain yang cantik mirip – mirip smartphone seri A yang lain, build quality yang tentunya sangat solid khas samsung, kamera yang dapat di andalkan dan jangan lupa aftersales dari samsung yang dikenal sangat baik juga servis centernya ada dibanyak tempat.

Tetapi dengan segala kelebihan Samsung A22 5G tentu adanya kekurangannya, yaitu di harga 3 jutaan tidak adanya NFC, charger yang hanya 15W sehingga butuh waktu yang lebih lama saat melakukan pengisian baterai. Layar yang PLS TFT samsung mungkin bisa menyamain IPS namun sayang di harga 3 jutaan masih ada smartphone dengan layar yang lebih baik dari ini.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

samsung galaxy z flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung

Samsung Galaxy Z Flip 3 : HP Paling Cantik Dari Samsung Samsung Galaxy Z Flip …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *