Poco M3 Pro 5G

Review & Spesifikasi Poco M3 Pro 5G : Harga 2 Jutaan untuk HP 5G

Review Poco M3 Pro 5G 5G – Halo sobat tekno advisor, seperti yang sudah kita ketahui bahwa Xiaomi Indonesia sudah meluncurkan smartphone 5G mereka yang terbaru dengan seri Poco M3 Pro 5G. Saat perilisannya smarphone ini begitu hype karena menjadi Smartphone 5G termurah di Indonesia.

Seperti tagline dari smartphone ini yaitu “The Real 5G Killer” poco berhasil mengalahkan rivalnya yaitu Realme 8 5G yang miliki harga 3 jutaan. Smartphone ini dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa smartphone ini merupakan versi 5G dari Poco M3 yang dirilis awal tahun ini.

Baca Juga : Hp 5g Murah Lainya, Dengan Harga Murah dan Spesifikasi Dewa

Dengan harga 2 jutaan Smartphone menawarkan spesifikasi yang cukup dewa, dengan System on Chip (SoC) MediaTek Dimensity 700 yang dimana SoC ini setara dengan Snapdragon 720G. apakah Poco M3 Pro 5G layak menjadi Raja smartphone 5G paling murah saat ini ? penasaran ? yuk simak reviewnya di bawah ini

SPESIFIKASI Poco M3 Pro 5G

Bodi Ukuran  161,8 x 74,8 x 8,9 mm
Berat 190 gr
Layar dilindungi Corning Gorilla Glass 3
Layar Ukuran 6,5 inci
Resolusi FullHD+ (1080 x 2400)
Refresh Rate 90Hz
Chipset MediaTek 700 5G
GPU Mali G-57
OS Android 11, MIUI 12
Memori RAM 4GB ROM 64GB
RAM 6GB ROM 128GB
Kamera Belakng Tripel Camera
Utama 48 MP, f/1.8, 26mm (wide)
Makro 2 MP, f/2.4,
Depth 2 MP, f/2.4
Perekaman Video 1080p@30fps
Kamera Depan 8 MP, f/2.0,  (wide)
Perekaman Video 1080p@30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast Charging 18W

 HARGA Poco M3 Pro 5G

Poco M3 Pro 5G 4/64GB Rp2.599.000
Poco M3 Pro 5G 6/128GB Rp2.899.000

Review Poco M3 Pro 5G

DESAIN

Baca Juga :   5 Rekomendasi HP 5G Murah dengan Spesifikasi Dewa 2021

Pocophone M3 Pro 5G

Desain dari bodi belakang Poco M3 Pro 5G ini berdea dengan saudaranya Poco M3. Dimana Poco M3 memakai tesktur seperti kulit jeruk untuk bagian backcovernya sedangkan Pocophone M3 Pro 5G ini memakai tesksur Glossy.

Smartphone ini memliki tiga varian warna yaitu poco yellow, power black dan cool blue. Sebagaimana target pasar Poco di Indonesia itu menyasar kaum melenial, makan desain Pocophone M3 Pro 5G ini sangat mudah di kenali dengan aksen hitam di sekitar modul kamera dan ada tulis POCO, serta masih adanya 3.5mm audio jack.

Dengan bentang layar 6.5inci dan dengan baterai 5.000 mAh, smartphone ini masih sangat nyaman untuk di genggam apalagi beratnya yang tidak sampai 200gr. Untuk penggunaan satu tangan smartphone masih terbilang enak karena ketebalannya yang cukup tipis di 8.9mm serta desain frame smartphone ini melenkung, membuat tangan nyaman saat menggengam smartphone ini.

LAYAR

Pocophone M3 Pro 5G

Untuk layar di smartphone ini berukuran 6,5 inci dengan resolusi FullHD+ dengan Dot Display. Layar ini mempunyai Dyanmic Refresh Rate, sehingga layar ini mampu menyesuaikan refresh rate sesuai konten yang di tampilkan.

Layar ini seperti khasnya keluarga Xiaomi dan juga Poco.layar IPS di smartphone cukup jernih dengan reproduksi warna yang bagus serta kontras yang cukup, bahkan layar ini sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3. Dengan perlindungan tersebut cukup untuk layar ini tahan akan goresan saat berada di kantong celana.

Dengan resolusi FullHD+ membuat pengalaman menggunakan smartphone sangat nyaman gambar tajam. Dengan refresh rate sampai 90Hz dan touchsampling 180Hz, membuat pergerakan di dalam layar begitu mulus dan tidak adanya delay saat kita menyentuh layar ini.

Untuk penikmat konten video atau film yang ada di Netflix, Disney+ dsb. Smartphone ini sangat cocok untuk kalian karena sudah adanya sertifikasi Widevine L1, yang membuat smartphone ini dapat memutar film sampai 1080p. apalagi ditunjang dengan layar yang cukup luas akan membuat menonton film semakin asik.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

PERFORMA

Pocophone M3 Pro 5G

Untuk urusan dapur pacu, Poco M3 Pro 5G ini di tenagai oleh MediaTek Dimensity 700 5G, RAM 4/6GB serta ROM 64/128GB. Seperti smartphone yang menggunakan SoC ini tentu performanya cukup bisa diandalkan.

Bermain game di smartphone ini dapat memberikan pengalaman yang optimal, contohnya untuk di game sejuta umat yaitu Mobile Legends. Smartphone ini sanggup menjalankannya dengan settingan rata kanan dan high frame rate, sama halnya dengan game PUBGM dan CODM. Smartphone ini sanggup melibasnya, apalagi dengan Touchsampling yang mencapai 180Hz tidak ada lagi alesan kalah karena kurangnya respon layar.

Baterai 5.000 mAh nya membuat kita tidak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah hari. Apalagi jika penggunaan smarthphone ini cuma sebatar chatting, streaming, sosmedan baterai ini sanggup bertahan sampai 2 hari. Yah kecuali kalian memakainya untuk bermain game nonstop baterai jumbo ini pun akan cepat habis. Namun untungnya smartphone ini sudah mendungkung Fast Charging 18W bahkan chager bawaanya 22W, menjadikan baterai 5.000 mAh di Smartphone ini dapat penuh dalam waktu kurang dari 2 jam.

Poco M3 Pro 5G dan Telkomsel menjanji kan untuk jaringan 5G, tak perlu ada pengaturan tambahan sehingga kita tidak perlu lagi melakukan proses provisioning ulang manual di smartphone ini.

KAMERA

Kamera Poco M3 Pro 5G memiliki setup triple kamera dengan kamera utama sebesar 48MP serta makro dan depth 2MP. Secara kualitas kamera utamanya saat siang hari cukup bagus di kelas harganya dengan detail yang cukup, dynamic range lumayan luas, dan kontras baik.

Namun reproduksi warnanya kurang konsisten terkadang over saturasi kadang kurang. Mungkin ini bisa di atasi dengan update software kedepannya. Untuk di malam hari kamera ini mulai menampakan jati diri sebenarnya, noise yang banyak detail yang kurang white balancenya pun terkadang salah. Fitur Nightmode nya pun hanya terkesan menambah terang foto nya saja, noise masih terlihat dan detailnya masih kurang.

Baca Juga :   OPPO A74 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Sepertinya bagian kemera di Smartphone ini cukup banyak di korbankan. Namun untungnya fitur-fitur di kamera Smartphone ini masih terbilang banyak dengan adanya fitur AI, AI Potrait, Panorama, Nightmode dsb.

Untuk urusan kamera depan Smartphone ini beresolusi 8MP ini cukup untuk kebutuhan selfie di sosmed dan meeting online. Dengan kualitas bisa di bilang biasa saja tidak ada yang istimewa apalagi resolusinya hanya 8MP.

Hasil Foto Poco M3 Pro
photo by : inet.detik. com
Hasil foto Poco M3 Pro
photo by : inet.detik. com
Hasil Foto Poco
photo by : inet.detik. com

KESIMPULAN

Kesimpulan untuk Review Poco M3 Pro 5G, smartphone ini memang sesuai taglinenya “The Real 5G Killer”. Dengan harga 2 jutaan ( varian 4/64GBRp2.599.000 dan varian 6/128GB Rp2.899.000) benar – benar telah “membunuh para rivalnya”.

Namun saya rasa smartphone ini terasa apa adanya dan hanya mengejar konektifvas 5Gnya saja. Sebut saja di bagian RAM dan ROM untuk varian termurah hanya 4GB RAM dan 64GB ROM, untuk tahun 2021 ini RAM dan ROM itu sudah sangat “pas – pasan”. Apalagi orang yang ini membeli smartphone 5G saat ini sudah sewajarnya akan memakainya dengan jangka waktunya yang panjang.

Saya rasa tidak ada salahnya menambah 300-500 ribu untuk memilih Realme 8 5G. dengan RAM yang lebih lega, kamera yang sedikit lebih baik. Namun tetapi jika ada seorang Mi Fans sejati tidak ada salahnya juga membeli smartphone ini. Jadi untuk sobat tekno advior mau pilih yang mana ?.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Vivo V21 5G

Vivo V21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Vivo V21 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Vivo diawal tahun 2021 ini sudah merilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *