Vivo V21 5G

Vivo V21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Vivo V21 5GHalo sobat Tekno Advisor, Vivo diawal tahun 2021 ini sudah merilis smartphone 5G mereka di Indonesia. Vivo meluncurkan Vivo V21 5G sebagai penerus dari Vivo V20 .Jika dilihat dari spesifikasinya saja smartphone ini membawa chipset terbaru dari MediaTek yaitu MediaTek Dimensity 800u 5G.

Baca Juga : Hp 5g Murah Lainya, Dengan Harga Murah dan Spesifikasi Dewa

Seperti dari namanya smartphone ini sudah mendukung jaringan 5G di Indonesia. Vivo V21 5G membawa tagling “Dual OIS Nigh Camera” apakah hanya dengan menambahkan OIS atau Optical Image Stabilization membuat hasil foto dan video di smartphone ini menjadi bagus ?. Temukan jawabannya di review yang ada dibawah ini.

Spesifikasi Vivo V21 5G

Body Dimensi 159,7 x 73,9 x 7,3 mm
Berat 176 gr
Layar 6,44inci
E3 AMLOED 1080 x 2400 pixel
Refresh rate 90Hz
Chipset & OS Mediatek Dimensity 800U 5G
GPU Mali-G57
Android 11, Funtouch 11.1
Memori 8GB RAM + 128GB ROM
Kamera utama Triple camera 64 MP, f/1.8, 26mm (wide); 8 MP, f/2.2, 120˚, 16mm (ultrawide); 2 MP, f/2.4, (macro)
Perekaman video 4K@30fps
Kamera depan Single camera 44MP, f/2.0 (wide)
Perekaman video 4K@30fps
Baterai 4.000 mAh
Fast charging 33W
Fitur Dual Sim, Internet 5G
USB Type-C
Dual OIS Camera
NFC, Fingerprint dalam layar

Harga Vivo V21 5G

Vivo V21 5G 8GB/128GB Rp5.799.000

*harga sewaktu – waktu dapat berubah

Review Vivo V21 5G

DESAIN

Vivo memberikan julukan kepada smartphone ini yaitu “Smarter, Slimmer, Faster”. Kata slimmer sepertinya bukan hanya sebuah kata di smartphone ini, nyatanya ketebalan Vivo V21 5G cukup tipis di 7,3mm. Alhasil smartphone menjadi smartphone 5G tertipis di Indonesia saat ini, dengan bobot yang hanya 176gr membuat smartphone ini nyaman di gunakan dengan satu tangan.

Vivo V21 5G memiliki bahasa desain seperti kakanya yaitu Vivo X60, warna glossy yang tidak lebay serta modul kamera yang persegi dan lensa utama yang lebih besar di banding dengan lensa yang lainnya. Membuat smartphone ini begitu elegan dan cantik di pandang, dengan layar yang ltidak begitu besar di angka 6.4 inci handling smartphone ini sangat enak, walau framenya berbentuk flat. Memang kurang nyaman di tangan karena terasa sedikit tajam di sisinya, namun pengalaman memakai smartphone ini tidak begitu terganggu.

Baca Juga :   Review & Spesifikasi Poco M3 Pro 5G : Harga 2 Jutaan untuk HP 5G

Bagian belakang Vivo V21 5G ini sudah memaki bahan Mate Anti Glare Glass, membuat bagian tersebut terlihat lebih mewah dan juga sidik jari enggan menempel pada bagian belakang smartphone ini. Bahan kaca di smartphone ini di klaim anti gores dan tidak mudah licin. Smartphone ini tersedia dengan dua varian warna yaitu, Dusk Blue dan Sunset Dazzle.

Vivo V21 5G

Untuk dibagian depan smartphone ini masih menggunakan notch atau poni untuk penempatan kamera depannya. Walau terkesan jadul untuk saat ini hal itu bisa termaafkan jika melihat tepi kanan dan kiri layar tersebut cukup tipis, tetapi untuk bagian bawah sedikit lebih besar, but its okay.

Di sisi kanan smartphone ini terdapat tombol volume dan tombol power, di sisi atas ada lubang mic, di sisi kiri tidak ada apa apa, dan di sisi bawah ada sim tray hybrid, Lubang mic, USB Type-C, dan Mono Speaker. Di harga 5jutaan sayangnya speaker di smatphone ini hanya satu namun NFC Multifungsi tetap hadir di smartphone ini.

LAYAR

Vivo V21 5G

Layar di Vivo V21 5G ini begitu sedap di pandang, bagaimana tidak dengan luas layar sebesar 6,44 inci panel E3 AMOLED, FullHD+ dengan dukungan HDR 10+ membuat layar di smartphone ini begitu cantik dan mewah.

Layar yang berbentuk drop notch ini memiliki bazel yang cukup tipis di sisi samping dan atas membuat pengalaman memakai smartphone ini begitu nyaman dan asik. Apalagi dengan sertifikat SGS Eye Care yang membuat mata kita nyaman saat penggunaan malam hari.

Tidak hanya itu layar di Vivo V21 5G ini juga sudah mendukung 90Hz High Refresh Rate, dengan tambahan fitur Smart Switch membuat layar dapat menyesuaikan refresh rate tergantung konten yang di tampilkan untuk menghemat baterai. Karena layar ini sudah memakai panel E3 AMOLED makan smartphone ini sudah mendukung Screen Touc ID atau fingerprint di dalam layar, membuat smartphone ini tidak kalah dengan pesaingnya di kelas harga 5 jutaan.

PERFORMA

Vivo V21 5G

Untuk perfoma Vivo V21 5G ini tenagai dengan chipset MediaTek Dimensity 800U 5G, dan di sandingkan dengan RAM 8GB ROM 128GB, kombinasi tersebut berjalan di Android 11 dengan Custom OS Funtouch OS 11.1. Perpaduan software dan hardware tersebut membuat smartphone ini LANJAY Lancar Jaya untuk pemakaian sehari – hari.

Apalagi smartphone ini mempunyai fitur Extended RAM sebesar 3GB, tambahan 3GB RAM ini di ambil dari penyimpanan internal. Sebagai catatan tambahan RAM 3GB ini tidak semata – mata RAM di smartphone ini menjadi sebelah, karena kecepatan RAM tambahan ini tidak secepat RAM aslinya sehingga tidak bisa disebut 11GB RAM tetapi 8GB + 3GB RAM. Untuk kegiatan multitasking tentu saja tambahan RAM tersebut sangat membantu untuk pemakaian aplikasi yang berjalan di background, sehingga aplikasi yang sedang dijalan kan bisa memakai RAM 8GB dengan leluasa.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Smartphone ini sudah mendukung dual 5G di kedua SIMnya, yang artinya kedua SIM bisa standby di jaringan 5G. Jaringan yang di dukung di Vivo V21 5G ini sudah bisa menangkap sinyal semua operator Indonesia yang saat ini sudah memberikan layanan 5Gnya. Bukan hanya itu Vivo V21 5G ini sudah memakai Wifi 5 dan Bluetooth 5.1, NFC Multifunction pun hadir di smartphone ini, bukan hanya NFC biasa yang tentunya bisa untuk melakukan Top Up eMoney atau cek saldo. NFC ini dapat menyalin security dari kartu akses jika protokol kartu tersebut mengijinkannya, yang artinya smartphone ini dapat menjadi kunci akses menggantikan kartu tersebut.

Lalu bagaimana soal performa gamingnya ? well, untuk hal ini smartphone cantik nan elegan ini memiliki performa yang gahar di kelas harganya. Dengan MediaTek Dimensity 800U 5G yang performanya bahkan 5-10% di atas Snapdragon 765G, dimana chipset tersebut biasanya dipakai di smartphone dengan harga 7-9 jutaan.

Kombinasi chipset ngebut dan RAM lega membuat game – game mainstream saat ini dapat di libas tanpa kendala, namun sayangnya beberapa game belum memberikan update untuk chipset baru ini mungkin ada beberapa game yang settingan tertingginya belum terbuka. Contohnya di PUBGM settingan yang terbuka hanya sampai Smooth dengan frame rate ultra dimana sebenarnya smartphone ini sanggup sampai smooth extreme, game ini dapat berjalan rata di frame rate 40 tanpa adanya drop sama sekali.

Selanjutnya digame Mobile legend kita akan mendapatkan di settingan High, HD dan HFR, sayangnya karena chipset baru menjadikan pilihan tertinggi untuk Vivo V21 5G ini belum terbuka namun gameplay dari settingan sekarang sangat mulus tanpa adanya frame drop. Baru setelah di uji dengan Gensin Impact chipset ini mulai kewalahan dengan settingan lowest 60 fps, masih terjadi frame drop hingga kisaran 40fps namun masih playable.

Dengan semua spek dewa diatas tentunya butuh baterai yang memadai, di Vivo V21 5G ini di tanam baterai sebesar 4.000mAh. Terdengan kecil untuk standart tahun 2021 namun performa baterai ini sangat bisa diandalkan apalagi jika kita memakai fitur Smart Switchnya bisa bertahan seharian dengan catatan pemakaian ringan dengan di selingi game sebentar. Namun jika baterai keburu habis di tengah hari jangan khawatir karena smartphone ini sudah support FlashCharge 33W dan di paket penjualan sudah diberikan kepala Charger 33W. Mengisi baterai ini dari 0-100% hanya membutuhkan waktu 1 Jam 7 Menit saja, ditinggal mandi dan makan baterai ini langsung penuh.

Baca Juga :   Review Realme 8 5G : Smartphone Gahar nan Elegan

KAMERA

Vivo V21 5G

Kamera di smartphone ini merupak kekuatan utamanya karena sesuai Tagline nya Vivo V21 5G ini sudah mempunyai dual OIS di lensa utama  64MP dan kamera selfie 44MP. Untuk bagian belakang smartphone ini menggunakan setup triple kamera dimana kamera utamanya 64MP OIS Night Camera, 8MP Multi-Function Camera (Ultrawide+Bokeh) serta kamera pelengkap 2MP Super Macro Camera.

Hasil dari kamera utamanya sangat bagus dikelas harganya, saat siang hari warna yang ditangkap begitu vivid dengan detail yang tajam serta dyanmic range yang luas tetapi kadang – kadang kurang konsisten jika intensitas cahaya matahari sedang tinggi. Untuk malam hari dan lowlight hasilnyapun tetap bagus detail yang masih terjaga waranya masih akurat apalagi jika memakai fitur nightmodenya foto yang dihasilkanpun lebih bagus, karena memiliki OIS hasil yang ditangkapun menjadi lebih minim blur, untuk perekaman video OIS ini sangat membantu menstabilkan hasil video, dan warna dan detailnya pun masih terjaga dengan baik.

Vivo V21 5G

Kamera depan di smartphone ini berukuran 44MP OIS Super Night Selfie, kamera depan ini ditemani dual led flash yang berada di samping kanan kiri earpiece. Untuk hasil dari kamera depan ini yah khasnya vivo bagus dengan warna yang akurat detailnya yang tajam dan dengan fitur segudang, dan tentunya untuk video akan lebih stabil dengan dukungan OIS nya. Untuk malam hari hasil yang ditangkap pun masih terbilang bagus bahkan ada dual led flashnya membuat hasil lebih terang walau masih ada sedikit noise di hasilnya.

KESIMPULAN

Vivo V21 5G menurut saya ini adalah smartphone 5G terbaik di kelasnya saat ini, dengan harga 5 jutaan kita mendapatkan desain mewah seperti flagship, performa yang cepat tanpa kendala dan kamera yang sangat sangat bagus, serta dukungan semua sinyal 5G di Indonesia membuat smartphone ini cocok untuk jangka panjang seperti 2-5 tahun kedepan.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Oppo A74 5G

OPPO A74 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Oppo A74 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Oppo telah mengeluarkan hp 5G terbaru mereka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *