Oppo A74 5G

OPPO A74 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Oppo A74 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Oppo telah mengeluarkan hp 5G terbaru mereka diawal tahun 2021 ini dengan mengeluarkan Oppo A74 5G. Ya Oppo A74 5G ini merupakan versi 5G dari saudaranya A74 , dengan harga yang sedikit lebih mahal di bandingakan dengan saudara 4G nya Oppo A74 5G dengan harga 4 Jutaan saat artikel ini ditulis.

Baca Juga : Hp 5g Murah Lainya, Dengan Harga Murah dan Spesifikasi Dewa

Apakah dengan harga tersebut Oppo A74 5G ini dapat menghadirkan smartphone yang bagus ? dengan tentunya performa yang apik, apalagi smartphone ini tenagai dengan chipset entry level dari Snapdragon 480 5G. Dengan seri 400 terbaru dari Snapdragon performanya ternyata diluar ekspetasi saya. Penasaran dengan smartphone ini ? yuk simak reviewnya dibawah ini.

SPESIFIKASI OPPO A74 5G

Bodi Ukuran 162.9 x 74.7 x 8.4 mm
Berat 190 gr
Layar Gorilla Glass 3
Layar IPS 6,5 inci
Resolusi FullHD+ (1080 x 2400)
Refresh Rate 90Hz
Chipset Snapdragon 480 5G
GPU Adreno 619
OS Android 11, ColorOS 11.3
Memori RAM 6GB ROM 128GB
UFS 2.1
Kamera Belakang Quad Camera
48MP Kamera Utama : f/1.7
8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro), 2MP, f2/4 (mono)
Perekaman Video 1080@30fps
Kamera Depan 16MP, f/2.0 (wide)
Perekaman Video 1080p@30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast Charging 18W

HARGA OPPO A74 5G

Oppo A74 5G 6GB/128GB Rp4.000.000

*harga sewaktu – waktu bisa berubah

Review OPPO A74 5G

DESAIN

Oppo A74 5G

Desain sepertinya bukan hal yang menjadi nilai minus dismartphone ini, pasalnya desainnya khas oppo dengan backcover plastik glossy dengan warna yang mengkilap dan ada gradasi warna. Oppo A74 5G ini tersedia dengan dua warna yaitu Fluid Black dan Space Silver.

Bagian desain ini tidak jelek namun tidak juga spesial, yah standar tahun 2021 dengan modul kamera yang persegi dan layar depan dengan punchhole disebelah kiri. Lalu untuk dibagian sisi kanan  smartphone ini ada tombol power sekaligus fingerprint, di kiri ada slot SIM Dedicated dengan MicroSD dan tombol volume, diatas kosong tidak ada lubang mic, dan dibagian bawah ada lubang speaker, USB Type-C, Lubang mic, dan Jack audio 3.5mm, tentunya smartphone ini sudah mempunyai NFC.

Baca Juga :   5 Rekomendasi HP 5G Murah dengan Spesifikasi Dewa 2021

Tidak ada yang menjadi keluhan soal desain Oppo A74 5G ini, Cuma ada yang menjadi catatan kecil yaitu luban mic yang hanya ada dibagain bawah sehingga untuk merekam video dengan posisi landscape harus aga berhati-hati agar lubang mic tidak terhalang oleh tangan.

Dengan bodi yang cukup tipis di 8,4mm membuat handling dari smartphone ini cukup mudah apalagi dengan bentuk frame yang melengkung alhasil digengam begitu enak mengikuti bentuk telapak tangan. Dengan baterai yang cukup besar 5.000 mAh smartphone terbilang ringan dengan berat sekitar 190gr, dengan penggunaan satu tangan smartphone ini tidak terlalu menyiksa.

LAYAR

Dibagian layar smartphone ini memakai panel IPS 6,5inci FullHD+ dengan punchole di bagian kiri, dan tentunya refresh rate 90Hz. Membuat layar ini enak untuk menikmati semua konten yang ditampilkan oleh layar ini.

Dan bagian ini juga yang membuat saya terkejut, kerena layar ini bukan hanya yang sudah 90Hz tetapi sudah mendapatkan sertifikasi 100%sRGB atau DCIP-3. Yang membuat warna yang dihasilkan oleh layar ini sangat akurat cocok untuk kebutuhan mengedit foto atau video sekalipun.

Untuk penggunaan sehari – hari dilayar Oppo A74 5G ini sudah disematkan fitur AI Eye Comfort, dimana smartphone ini akan mempelajari kebiasaan kita menggunakan kecerahan layar dan menyesuaikannya dengan kebiasaan kita. Membuat kita tidak perlu repot – repot harus terus mengatur kecerahan layar.

Dan untuk kalian yang hobi streaming film di Netflix atau Amazon Prime Video, kalian akan dimanjakan oleh smartphone ini selain dukungan jaringan 5G, smartphone ini sudah mendapatkan sertifikasi HD untuk memutar film di kualitas HD membuat pengalaman menonton lebih asik apalagi warnya yang dihasilkan smartphone ini sangat akurat dan cantik.

PERFORMA

Oppo A74 5G

Smartphone ini ditenagai dengan chipset terbaru dari Snapdragon 480 5G, dengan RAM 6GB dan ROM 128GB, jika kita melihat dari namanya saja chipset dari snapdragon ini merupakan chipset entry level. Tapi kalian jangan dulu meng-underestimate chipset ini, walau seri 400 tetapi soal performa Snapdragon 480 5G ini setara dengan chipset midrange lainnya, bahkan setara dengan chipset Snapdragon 720G.

Baca Juga :   Samsung Galaxy A22 5G : Review,Spesifikasi dan Harga Lengkap

Ya kalian tidak salah baca, seri 400 ini setara dengan chipset snapdragon 720G yang nota benenya chipset tersebuh lebih fokus keperforma gaming. Dengan chipset yang ngebut dan RAM lega merupakan kombinasi yang begitu pas untuk para gamers.

Dengan kombinasi tersebut kalian bisa bermain Mobile Legends dengan setingan High dan HFR aktif tanpa adanya frame drop sekalipun saat war, untuk PUBM mendapatkan settingan smooth high, digame ini pun sangat lancar tanpa adanya frame drop. Untuk Genshin Impact playabale di settingan low 30fps, tetapi jika kalian paksa dengan 60fps maka akan adanya frame drop akan tetapi hal itu wajar mengingat begitu beratnya game yang satu ini.

Jika dilihat dari pengujian game di atas, memang benar Snapdrgaon 480 5G ini performanya mirip dengan 720G, yang membuat Oppo A74 5G ini untuk penggunaan sehari – hari tidak ada kendala dan begitu lancar. Multitasking di smartphone inipun terasa enak karean RAM yang cukup lega.

Oppo A74 5G

Dengan baterai jumbo 5.000mAh siap menemani kalian seharian, bahkan dengan pemakaian ringan smartphone ini sanggup mencapai 1,5 hari. Untuk pengecasan smartphone ini sudah diberikan kepala charger 18W dipaket pembeliannya dengan kontektor USB Type-C. Membuat pengecasan smatphone ini cukup memakan waktu yaitu dari 0%-100% membutuhkan waktu sekitar 2,5 Jam, memang tidak bisa dikatakan cepat tapi jika kita melihat lagi dari awetnya baterai smartphone ini tidak akan menjadi masalah toh kita pasti charge smartphone ini saat kita akan tidur.

KAMERA

Oppo A74 5G

Kamera di smatphone ini menggunakan setup quad camera untuk bagian belakang dan punchhole untuk kamera depan. Kamera belakang dengan resolusi 48MP di temangi kamera Ultrawide 8MP serta makro dan mono 2MP. Kamera selfie dismartphone ini bersolusi 16MP dengan fitur AI Beautification.

Baca Juga :   Review Realme 8 5G : Smartphone Gahar nan Elegan

Hasil kamera dari Oppo A74 5G jujur bagi saya ini bukan kamera terbaik untuk kelas harga 3,7 Jutaan sampai 4 Jutaan. Mungkin dibagian ini Oppo melakukan “sunat” untuk mendapatkan jaringan 5G, desain dan baterai yang cukup bagus. Warna yang ditangkap kamera 48MP begitu kusam dengan dynamic range yang sempit membuatnya sulit memisahan bagian terang dan gelap dengan baik. Lalu detail yang dihasilkan pun kurang tajam sekalipun kita mempotret di luar ruangan dengan keadaan siang hari.

Kamera utama dismartphone ini berasa medioker, begitu pula di kamera ultrawidenya hasilnya seperti hanya asal terlihat jauh saja. Untuk malam hari atau keadaan lowlight kamera ini begitu kepayahan dengan noise yang banyak detail yang kurang dan warna yang seperti cat air, fitur nightmodenya pun tidak banyak membantu hanya menambah terang sajah.

Untuk kamera depannya yah khasnya oppo, dengan hasil yang terbilang cukup bagus detail yang masih terjaga dan warnya cukup akurat. Dengan fitur AI Beautification membuat hasil foto seflie kita lebih baik dan terlihat lebih cantik.

KESIMPULAN

Oppo A74 5G ini mungkin cocok bagi kalian yang akan membeli smartphone baru untuk jangka panjang. Smartphone ini cocok karena jaringan 5Gnya sudah bisa di pakai di Indonesia tanpa khawatir kedepannya tertinggal dengan yang lain, serta performa yang sangat – sangat bisa diandalkan, saya sendiri untuk dibagian perfroma dan baterai sukeses dibuat kagum apalagi kalo kita melihat lagi chipset yang digunakan merupakan chipset entry level. Layar yang cakep juga merupakan nilai plus untuk smartphone ini.

Smartphone ini bagus namun dengan catatan hasil dari kamera ini mungkin butuh sedikit di edit lagi jadi tidak bisa langsung di posting di sosial media kita. Dengan harga yang sekarang sudah mencapai 4 jutaan, mungkin agak sulit untuk merekomendasikan smartphone ini, kerana di harga 4jutaan masih banyak smartphone yang lain yang menawarkan keunggulan merata di semua sektor bahkan smartphone 3j utaan pun masih banyak lebih bagus.

Tentang Rahmat Saefullah

Author & Penulis ,Alumni UNIKOM yang telah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang Komputer dan Teknik Informatika

Check Also

Vivo V21 5G

Vivo V21 5G : Spesifikasi, Harga dan Review

Vivo V21 5G – Halo sobat Tekno Advisor, Vivo diawal tahun 2021 ini sudah merilis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *