Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dengan 6 Cara Ini !

Tekno Advisor – Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog ?

Menghasilkan uang dari blog lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, mari kita selesaikan ini segera, meskipun mungkin. Ini membutuhkan banyak air mata dan keringat, serta pendekatan seperti bisnis. Tujuan kami di sini adalah untuk menyoroti cara menghasilkan uang dari blog.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Informasi berikut menyiratkan blog yang sukses dan berfungsi dengan baik dengan lalu lintas yang stabil. Mereka yang baru saja memasuki permainan seharusnya tidak berharap untuk menghasilkan uang dari blog sejak awal dan bahkan dalam satu atau dua tahun. Sekarang, to the point – 6 strategi utama Cara Menghasilkan Uang dari Blog.

# 1 Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau Pemasaran afiliasi adalah metode cara menghasilkan uang dari blog berbentuk pendapatan pasif dengan mempromosikan produk afiliasi dan menerima komisi dari pembelian atau konversi. Sebagian besar penerbit dan blogger menggunakan program pemasaran afiliasi. Untuk mendapatkan contoh, seseorang dapat mencari kueri pencarian di Google: program afiliasi websitename.com.

Ketika kemitraan disegel, tautan unik (URL) ke setiap produk/layanan dibuat dan dimasukkan ke dalam posting blog yang disepakati. Ketika pengunjung mengkliknya dan melakukan pembelian, itu dilacak dan dengan demikian komisi dibayarkan.

Ada tiga jenis komisi dalam pemasaran afiliasi:

  • Komisi per penjualan (CPA) – afiliasi menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan pelanggan setelah mengklik link afiliasi. Ini adalah yang paling populer.
  • Komisi per klik (BPK) – afiliasi menerima jumlah tetap setiap kali pembeli mengunjungi situs web penjual.
  • Komisi per prospek (CPL) – pengiklan membayar setiap pendaftaran atau langganan buletin oleh pengunjung yang berminat.

Seringkali, perusahaan bekerja dengan jaringan afiliasi. Ini bisa bermanfaat bagi seorang blogger juga, karena bermitra dengan lusinan perusahaan secara individu bisa sangat menantang dalam hal melacak. Juga, dalam pemasaran afiliasi, jumlah lalu lintas web ke blog kurang signifikan. Namun, jaringan afiliasi juga memiliki persyaratan tertentu. Misalnya, untuk menjadi mitra Amazon, seseorang harus melakukan setidaknya tiga penjualan melalui tautan afiliasi dalam waktu 180 hari untuk tetap mengikuti program.

Jaringan afiliasi paling populer dan andal adalah:

  • AWIN – jaringan mitra global untuk ritel, telekomunikasi, perjalanan, keuangan. 15 kantor di seluruh dunia, lebih dari 1.000 karyawan, 211.000 penerbit, dan 15.200 pengiklan.
  • Amazon Associates – membantu pembuat konten dan penerbit menghasilkan uang dari blogging dengan membayar komisi hingga 10%. Blogger dapat memandu audiens mereka ke salah satu dari jutaan produk di Amazon.
  • Jaringan mitra eBay – 183 juta pelanggan dan sekitar 80% dari semua barang yang saat ini dijual di eBay adalah elektronik dan aksesori. Komisi maksimum adalah 4%.
  • Rakuten – produk dari Nvidia, Lego, Microsoft, Billabong, NordVPN, Monster, JetBlue, dll. Komisi dibayarkan 60 hari setelah konversi, dan ambang batas minimal $50.
  • ClickBank Affiliate Marketplace – dengan komisi tertinggi, hingga 90%. Jaringan mitra ini menyediakan lebih dari 4.000 produk dalam seni, pemasaran email, permainan, kesehatan dan kebugaran, berkebun, dll.
    ShareASale – diakuisisi oleh AWIN pada tahun 2017, tetapi hingga hari ini, ia beroperasi sebagai merek terpisah. Jaringan ini menghubungkan toko online dengan lebih dari 200.000 afiliasi di seluruh dunia.
Baca Juga :   Cara Memulai Blog Dari Nol & Berbagai Hal Yang Harus Dilalui

Platform lain yang layak disebut: Skimlinks, CJ Affiliate Home, VigLink, MaxBounty, PeerFly, Admitad. Ada juga scammers, jadi pilihlah dengan hati-hati. Mungkin juga ada perselisihan dalam menentukan siapa sebenarnya yang membawa pelanggan – model “cookie terakhir yang menang” (alias klik berbayar terakhir) sering diterapkan.

Secara keseluruhan, pemasaran afiliasi paling berhasil ketika Anda menjual produk yang Anda kagumi dan gunakan sendiri, yang berarti sikap jujur ​​“real-deal” terhadap pengikut dan, oleh karena itu, lebih banyak konversi. Kemudian Anda bahkan dapat menegosiasikan komisi yang lebih tinggi.

#2 Advertising Banners

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara menghasilkan uang dari blog yang satu ini sangat-sangat populer ,Saat ini hampir tidak mungkin menemukan situs web yang tidak memiliki satu pun spanduk. menghasilkan uang dengan spanduk iklan mungkin merupakan opsi tertua untuk situs web atau blog apa pun. Pengiklan atau jaringan iklan membayar uang untuk menempatkan spanduk di situs Anda dengan basis 1000-klik (BPS).

Sebagian besar jaringan iklan menggunakan iklan bertarget. Ini berarti bahwa iklan berubah pada setiap pemuatan halaman, tergantung pada pengunjung, topik artikel, halaman yang baru saja dilihat. Kami menyarankan untuk memperhatikan jaringan iklan berikut:

  • AdSense – tanpa batas
  • Sovrn – tanpa batas
  • Propeller Ads – tanpa batas
  • PopAds – tanpa batas
  • Bidvertiser – tanpa batas
  • infolinks – tanpa batas
  • Mediavine – 25.000 sesi per bulan
  • Adthrive – setidaknya 100.000 tampilan per bulan
  • Media – konten harus dalam bahasa Inggris asli

Aturan umum adalah untuk tidak membebani blog dengan iklan, maksimal 2 hingga 4 spanduk, dan mungkin pop-up, tergantung pada niche blog. Tempatkan di mana saja, namun biasanya diletakkan di atas – katakanlah, di header, sidebar, atau di tengah artikel. Perhatikan bahwa spanduk adalah yang paling tidak menguntungkan cara untuk menghasilkan uang dari blogging, dan itu hanya relevan dengan 25.000 dan lebih banyak pengunjung unik bulanan.

#3 Konten Bersponsor

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan uang dari Blog selanjutnya yaitu Sponsored content ,Sponsored content adalah native advertising yang dibuat oleh publisher, misalnya review suatu produk, software, equipment, clothing. Sebagai imbalannya, sejumlah uang tetap diterima dari pihak lain. Dimungkinkan juga untuk mengintegrasikan tautan afiliasi ke dalam konten tersebut, dan dengan demikian mendapatkan penghasilan tambahan selain pembayaran satu kali.

Konten bersponsor tidak berbeda dengan konten biasa di blog. Seringkali konten bersponsor ditandai sedemikian rupa agar transparan dengan penonton. Juga, disponsori tidak selalu berarti positif, karena semua aspek (pro dan kontra) dapat disorot. Ulasan positif untuk produk yang buruk dapat merugikan Anda.

Untuk blogger pemula cara termudah untuk monetisasi blog jenis ini adalah dengan menggunakan jaringan sponsor, biasa disebut sebagai “jaringan influencer”. Sebagian besar dari itu adalah profil media sosial yang terfokus di Instagram, Facebook, TikTok, dll. Jelas, jika Anda membuat blog, pastikan untuk membangun audiens media sosial Anda. Berikut adalah beberapa jaringan, meskipun, yang siap untuk berkolaborasi dengan blogger tradisional:

  • SwayCreator
  • IZEA
  • Pollinate
  • Activate
  • Weave Made
  • CreatorIQ
  • Upfluence
  • AspireIQ
  • Valuedvoice
  • Onalytica
  • Webfluential
  • Influence.co

Mengenai jumlah konten bersponsor, kami menyarankan untuk tetap berpegang pada prinsip Pareto dan menetapkan tidak lebih dari 20% konten untuk materi bersponsor. Pastikan untuk membuatnya relevan dengan niche dan topik Anda juga.

Baca Juga :   Teknik SEO Yang Disukai Oleh Google, Blogger Wajib Baca !

Jaringan influencer sering memberikan kode promo yang dapat disesuaikan – kode empat digit (atau lebih) yang digunakan pembeli saat checkout untuk mendapatkan diskon item di keranjang mereka. Ada tiga jenis kode promo: kode publik, pribadi, dan terbatas. Dengan diskon dan kupon seperti itu, seseorang dapat mencoba memotivasi pembaca untuk membeli barang, dan diskon terbukti selalu meningkatkan interaksi.

#4 Menjual Produk Atau Jasa

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Cara Menghasilkan uang dari Blog selanjutnya yaitu Penjualan langsung layanan atau produk , cara ini dapat memiliki kelebihan dibandingkan cara lain untuk menghasilkan uang dari blog. Menginvestasikan waktu dan upaya dalam menghasilkan produk yang hebat daripada menghasilkan konten dapat menghasilkan kesuksesan, siapa tahu? Namun, presentasi yang tepat dan kualitatif tetap penting.

Tentunya, Anda telah mengunjungi blog tempat seseorang menjual barang dagangan (pakaian dan aksesori), buku, kursus online, akses ke konten premium, dll. Ini berfungsi dan menghasilkan banyak uang, tetapi hanya untuk blogger mapan yang mereknya ingin menawarkan kerja sama. Mari kita lihat semua kemungkinan kategori produk yang relevan dengan blogging.

Layanan: pembinaan dan konsultasi

Blogger menawarkan bantuan ahli di niche mereka, sehingga mengkonfirmasi perdagangan mereka dan menarik pelanggan baru. Ini adalah cara untuk memahami kebutuhan audiens dengan lebih baik, membangun hubungan, dan membuat blog berkembang. Untuk keuntungan, pembinaan dan konsultasi bisa menjadi sumber pendapatan utama dan tambahan.

Produk digital

Produk digital adalah produk yang dibuat, dijual, dan digunakan secara eksklusif di Internet, mis. e-book, webinar, perangkat lunak. Buat satu produk dan jual tanpa batas, tidak ada inventaris, gudang, atau pengiriman yang terlibat. Tempatkan di blog, situs web, atau pasar.

Konsep untuk produk digital sangat banyak, berikut adalah beberapa contoh yang dapat dijual oleh blogger:

  • E-book sebagai penghasilan pasif. Satu buku, satu seri buku, satu buku audio.
  • Kursus online semakin menarik belakangan ini. Pengetahuan atau serangkaian keterampilan apa pun dapat diubah menjadi kursus, dan tidak masalah jika itu sudah ada. Orang-orang mencari pendapat dari para blogger yang mereka percayai.
  • Webinar adalah alternatif untuk buku atau tutorial yang memakan waktu. Webinar dapat berbayar atau gratis untuk membuat saluran penjualan.
  • Manual dan Tutorial yang biasanya untuk satu keterampilan atau tugas, mis. tari perut, trik game, podcasting, dll.
  • Membership, subscription, forum pribadi untuk menawarkan konten eksklusif, mis. panduan, resep, latihan. Membutuhkan pembaruan rutin, tentu saja.

Produk fisik

Tentukan produk apa yang menarik bagi pembaca, cari tahu apa yang mereka beli melalui pemasaran afiliasi – ini akan membantu menghadirkan produk sesuai permintaan yang tepat. Blogger terkenal menjual barang dagangan mereka sendiri (kaus, kaos, celana, mug, dll.) sebagai penghasilan tambahan dan cara untuk meningkatkan kesadaran. Anda juga dapat menjual buku, produk bayi, stiker, aksesori teknologi, dll.

Grosir adalah alternatif cara menghasilkan uang dari blog dan tidak perlu membuat produk Anda sendiri. Itu datang dalam 2 bentuk: 1) pembelian produk, pengemasan dan pengiriman ke pembeli; 2) dropshipping dari pemasok ke pelanggan. Yang terakhir menangani pengemasan dan pengiriman, bukan Anda.

#5 Keanggotaan Berbayar

Cara menghasilkan uang dari blog ini sebagian besar dikaitkan dengan penjualan produk digital, tetapi kami rasa itu layak disebut sebagai strategi terpisah. Dimungkinkan untuk mendorong pengikut untuk membeli akses ke konten tetapi hanya jika Anda memberikan materi yang benar-benar unik dan bermanfaat. Berikut adalah tiga cara untuk memonetisasi blog dengan keanggotaan berbayar.

Baca Juga :   Apa itu SEO, Mengapa Penting Untuk Website & Bisnis ?

Konten untuk Member premium

Keanggotaan premium butuh menginvestasikan banyak waktu dalam membuat konten premium, karena seharusnya lebih dari sekadar informasi tekstual biasa. Hanya relevan jika memiliki basis penggemar setia. Berikan insentif kepada mereka dengan menghapus iklan, mengizinkan berkomentar, mengunggah video dan audio, dll. Lihat MemberPress, Langganan Paket Konten Berbayar, Frontend User Pro, plugin WPAMS untuk situs WordPress.

Forum pribadi

Membuat forum adalah solusi alternatif untuk keanggotaan premium, tetapi Anda tidak perlu membuat konten unik untuk pelanggan. Tugas utama forum adalah komunikasi antara Anda, pengikut, tokoh tepercaya, pakar. Sisi bawahnya adalah kebutuhan untuk moderasi yang konstan, meskipun itu juga dapat diberikan kepada pelanggan teratas bersama dengan berbagai fasilitas dan barang sebagai motivasi.

Forum mungkin gratis, tetapi akses ke beberapa kategori hanya dengan berlangganan. Plugin berikut akan membantu menginstal dan mengelola forum di WordPress: bbPress, BuddyPress (profil pengguna, aliran aktivitas, postingan), Simple:Press (forum, subforum, forum pribadi dan publik). Selain plugin, Anda dapat membuat CMS terpisah dengan alat seperti phpBB, vBulletin, IPB, Vanilla.

Komunitas Tanya Jawab

Komunitas Tanya Jawab seperti StackOverflow, Quora, Stack Exchange sangat dihargai. Reddit telah dikunjungi oleh 1,74 miliar pengguna dalam 6 bulan terakhir, dan rata-rata tinggal di sana lebih dari 9 menit.

Komunitas T&J sangat mirip dengan forum, tetapi lebih populer dan lebih menarik secara visual. Opsi monetisasi termasuk iklan, tautan afiliasi, penjualan langsung, dll.

Plugin WordPress berikut akan berguna:

  • DW Question Answers – beberapa bahasa, shortcode, reCAPTCHA, notifikasi email, dll. untuk bagian Q&A seperti Quora.
  • WpForo – 3 tata letak desain (lanjutan, disederhanakan, tanya jawab), yang cukup sulit dikonfigurasi untuk pengguna pemula.
  • CM Answers – untuk memposting dan menjawab pertanyaan, mengunggah file, memberi suara, berlangganan kategori, mengirim pesan pribadi, dan banyak lagi.

Selain menggunakan plugin, Anda dapat menggunakan CMS terpisah seperti Q2A.

#6 Daftar Produk, Direktori, Katalog

Bekerja untuk audiens yang sempit atau di wilayah / kota tertentu. Hal yang cerdas untuk dilakukan adalah mengintegrasikan salah satu opsi tersebut dalam mode uji gratis untuk memastikan bahwa fungsi ini dibutuhkan. Jika relevan bagi pengunjung dan perusahaan, seseorang dapat mulai mengenakan biaya untuk fitur premium, acara, lowongan, dll. Berikut ini beberapa saran.

Kalender acara

Alternatif untuk papan buletin, tempat pengguna membayar untuk memposting acara mendatang. Misalkan sebuah blog memiliki audiens lokal di kota tertentu atau terkait dengan industri tertentu. Dalam hal ini, kalender acara berbayar adalah metode monetisasi yang cocok, tetapi hanya untuk blog dengan audiens yang sudah mapan. Beberapa plugin yang perlu dipertimbangkan: Kalender Acara, Kalender Saya, Kalender Sederhana, Kalender Pemesanan.

Lowongan Kerja

Misalkan sebuah blog di Niche sedikit peminat, katakanlah, desain lansekap, pemrograman, merajut. Akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mencari orang untuk lowongan profil di blog khusus. Papan pekerjaan tidak hanya akan memfasilitasi ini, tetapi juga akan memberi Anda penghasilan. Untuk blog WordPress, Lowongan Kerja dapat diterapkan melalui plugin Pengelola Pekerjaan WP.

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

Check Also

Teknik SEO

Teknik SEO Yang Disukai Oleh Google, Blogger Wajib Baca !

Teknik SEO – Halo Sobat Tekno di artikel sebelumnya kita sudah membahas Apa itu SEO …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *