Cara Memulai Blog

Cara Memulai Blog Dari Nol & Berbagai Hal Yang Harus Dilalui

Tekno Advisor –  Cara Memulai Blog

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1992, istilah “blog” telah berkembang pesat dan menjadi salah satu segmen terbesar di Internet. Itu membuat mengekspresikan dan berbagi pemikiran dapat diakses oleh semua orang. Pertumbuhan eksplosif jejaring sosial mengubah permainan, membunuh buku harian dan jurnal langsung, serta pada dasarnya menggabungkan kedua istilah – jejaring sosial dan blogging.

Saat ini kombinasi yang tepat dari keterlibatan audiens dan kualitas konten memungkinkan untuk memanfaatkan blog menjadikannya alat untuk kampanye PR perusahaan dan/atau sumber pendapatan bagi blogger individu. Di artikel ini kami menetapkan tujuan untuk mencakup semua aspek tentang bagaimana Cara Memulai Blog, meskipun dalam format halaman web konvensional. Hosting blog, CMS, penyiapan, pengeposan, penerbitan, promosi, monetisasi, beserta kiat, jebakan, yang harus dan yang tidak boleh dilakukan untuk menjalankan sesuatu.

Tahap persiapan: Layanan hosting blog

Facebook, Instagram, YouTube, Tik Tok, dll. adalah satu hal, tetapi untuk Cara Memulai Blog Jadl, seseorang harus mendapatkan hosting web terlebih dahulu. Secara umum, ada 3 opsi hosting: pengaturan sendiri, platform blogging, dan host mandiri.

Setting hosting sendiri

Cara memulai blog dan menyebarkannya di komputer Anda sendiri, Anda harus mengunduh dan memasang mesin server yang sesuai – untuk memproses permintaan yang masuk. Kemudian Anda harus menginstal database (kompatibel dengan mesin) untuk membuat konten tersedia bagi pengunjung. Kemudian, hierarki akses untuk mengatur hak admin dan mencegah pengunjung mengedit konten. Juga, penyedia Internet dengan bandwidth yang sesuai dan perangkat keras yang kuat.

Tentu saja, ini hanya gambaran umum, dan untuk setiap langkah ada banyak instruksi online yang harus dilalui untuk hosting rumah. Kami tidak menyarankan opsi ini karena server rumah yang salah konfigurasi dapat menempatkan konten blog dan semua perangkat di dalam jaringan di bawah risiko besar tindakan berbahaya oleh peretas.

Hosting di platform web

Ketika Anda memulai blog hanya untuk berbagi pemikiran dan pengalaman, platform web/blog seperti WordPress, Blogger, Wix, dll. baik-baik saja. Keuntungannya adalah sisi teknis diurus – Anda tinggal membuat pilihan kreatif, misalnya, nama domain, tema, desain, posting. Platform blogging online dapat dibagi menjadi tiga kelompok:

Platform web universal. Juga dapat disebut sebagai “pembuat situs web” dengan tata letak yang disesuaikan untuk blog. Contoh terkenal adalah Wix dan WordPress. Ini adalah pembangun visual dengan CMS (sistem manajemen konten), media, opsi integrasi plugin, alat pembayaran, dll.

Platform blog klasik. Kurva belajar yang rendah karena fungsionalitas dasar, yang, di sisi lain, membatasi kemungkinan untuk memberikan tampilan yang unik pada blog. Contoh teratas adalah Blogger, salah satu platform blogger online tertua oleh Google. Fakta terakhir membuat banyak keuntungan: otorisasi melalui akun Google, AdSense, RSS feed.

Platform hibrida. Pada dasarnya hasil dari evolusi digital, memadukan elemen blogging dan media sosial bersama-sama. Contoh yang bagus adalah Medium, di mana artikel diposting oleh pengguna dan didiskusikan oleh pembaca. Pembaca dapat menyukai dan mengomentari postingan, mengikuti penulis favorit, dan membagikan tautan ke artikel. Kelemahannya adalah ketidakmampuan untuk menyesuaikan halaman sesuai keinginan seseorang.

Keuntungan utama adalah waktu untuk mempublikasikan konten – biasanya, dibutuhkan sekitar 5 menit untuk meluncurkan blog di sana, dan kemudian mempostingnya secara instan. Namun, moderator dapat menghapus postingan atau memblokir akun sepenuhnya jika mereka menganggap konten tidak pantas.

Hosting mandiri

Optimal meskipun sangat tergantung pada persyaratan layanan tuan rumah. Idealnya, perusahaan hosting harus menyediakan: bandwidth yang baik, perlindungan terhadap peretasan, malware, ransomware; alat untuk penyebaran CMS, backup, akses penuh ke folder root.

Beberapa perusahaan hosting memberikan bantuan dengan migrasi situs, pembelian nama domain, pengaturan email, sertifikat SSL, dll. Namun setiap pertunjukan ini akan meningkatkan harga akhir hosting. Dalam pandangan saya, bagian yang paling penting adalah backup (setidaknya secara manual), dukungan sertifikat SSL dan otentikasi dua faktor ke panel kontrol server.

Sertifikat SSL adalah file khusus yang menentukan kondisi untuk mengenkripsi lalu lintas antara pengunjung dan situs web. Ini memberikan perlindungan terhadap intersepsi lalu lintas, dan keberadaannya adalah salah satu syarat utama untuk muncul di hasil mesin pencari.

Perusahaan hosting populer: A2 Hosting, BlueHost, GoDaddy, GreenGeeks, HealthInternet, HostGator, Hostinger, InMotion, Kinsta, Siteground. Juga, semua perusahaan hosting memiliki opsi seperti pembaruan – biaya perpanjangan hosting setelah langganan berakhir. Beberapa penyedia menetapkan harga perpanjangan lebih tinggi dari langganan awal, oleh karena itu harap pertimbangkan dengan serius saat memilih penyedia hosting.

Baca Juga :   Cara Menghasilkan Uang dari Blog Dengan 6 Cara Ini !

Cara membuat nama blog blog

Cara Memulai Blog selanjutnya adalah membuat nama blog,Berikut adalah beberapa tips untuk menamai blog berdasarkan contoh blog kuliner teratas oleh ChefsPencil, di mana persaingan sangat ketat, dan dengan demikian kreativitas berkuasa.

  • Jangan gunakan kata-kata umum – “Blog tentang memasak”, “Blog kuliner”, dll.
  • Periksa apakah nama domain gratis, sebagai domain yang terdengar sama dengan judul blog itu penting.
  • Cobalah untuk tetap dekat dengan topik. Contoh: dari dua blog kuliner baru bernama Smitten Kitchen dan Balanced Bites pembaca lebih mungkin memilih yang pertama.
  • Jika nama domain diambil, tetapi konsepnya kuat, ubahlah sedikit. Food52 menambahkan angka dan The Kitchn menghapus satu huruf, yang tidak mempengaruhi persepsi, tetapi membuat nama eksklusif.
  • Jika Anda memiliki merek terkenal, mengapa tidak menggunakannya?
  • Tambahkan kata-kata topikal untuk membuat judul yang menarik seperti Minimalist Baker atau Simply Recipes.
    Jika tidak berencana untuk menjual blog di masa mendatang, gunakan nama Anda sendiri dalam judulnya, seperti yang dilakukan oleh Ketergantungan Cookie dan Kate dan Sally.
  • Nama harus dikaitkan dengan konten blog dan unik. Idealnya, itu juga harus mudah untuk mengetik.

Memilih nama domain

Sekali lagi, dalam kebanyakan kasus sama dengan judul blog, meskipun bukan aturan. Pemisahan ke dalam level adalah dengan titik-titik pada namanya, misalnya, Thinkmobiles.com terletak di level domain teratas (pertama) – com. Dengan kata lain, jika nama yang ada di pikiran (myblog.com) sudah diambil, lebih baik mencoba mencari domain tingkat atas lain, yaitu myblog.net, myblog.de.

Saat menggunakan domain gratis, katakanlah oleh Blogger, alamatnya adalah – title.blogger.com. Domain tingkat yang lebih rendah, sebagai suatu peraturan, lebih murah tetapi berisiko dihentikan, misalnya jika Blogger.com ditutup atau ditangkap oleh peretas.

Pada titik ini, banyak pemula yang masih bingung tentang perbedaan hosting dan domain, jadi inilah satu analogi yang dapat membantu:

  • Nama domain (title.blogger.com) = alamat rumah (Jalan Madison 15)
  • Hosting (server untuk konten) = rumah itu sendiri sebagai objek fisik
  • Blog (isi) = rumah penghuni yang tinggal di gedung

Secara keseluruhan, semakin pendek dan ringkas, semakin mudah untuk diingat. Misalnya, The New York Times menggunakan nytimes.com, yang jelas lebih baik daripada thenewyorktimes.com, dan lebih mudah dikenali daripada hanya nyt.com.

Seseorang dapat membeli domain dari pendaftar domain, serta penyedia hosting yang sering menawarkannya sebagai layanan tambahan. Saya akan merekomendasikan opsi terakhir, karena domain dan hosting dapat dikelola dari panel admin yang sama.

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa membeli nama domain dari registrar lain dapat menghemat hingga $20 per tahun. Ada juga domain yang lebih murah, seperti .xyz, .site, .tech, dll., namun terlihat kurang terhormat, dan terlebih lagi, sering digunakan oleh peretas sehingga orang cenderung menghindari situs web semacam itu.

Ada domain yang hanya bisa dibeli jika memenuhi syarat tertentu. Misalnya, hanya perusahaan yang terdaftar di Uni Eropa yang dapat menggunakan domain .eu, dan demikian pula domain .us hanya untuk warga negara atau perusahaan AS.

Memilih mesin blog / CMS

Cara Memulai Blog selanjutnya Anda akan melihat kedua istilah online – mesin blog dan CMS (sistem manajemen konten), yang secara praktis memiliki arti yang sama. Di sini, mesin adalah fungsi inti untuk menerbitkan dan mengedit artikel. Menambahkan modul tambahan untuk mengubahnya menjadi CMS, dan tidak ada jalan lain.

CMS adalah kumpulan modul untuk siklus hidup blog. Tanpa menyelami seluk-beluk teknis, kita dapat mengatakan bahwa yang paling populer adalah WordPress. WordPress mengambil lebih dari setengah dari semua situs web pada Januari 2021, menurut penelitian oleh W3Tech.

Secara umum, CMS memungkinkan Anda untuk mengelola blog dan kontennya melalui antarmuka visual dan tanpa perlu coding. Cara memulai blog dengan CMS (WordPress misalnya), seseorang harus mengunduhnya dari situs resmi dan membongkarnya ke folder root di server. Kemudian inisialisasi database dan kaitkan dengan blog – nama pengguna dengan kata sandi dan nama database diperlukan. Sebagian besar penyedia hosting mengotomatiskan semua langkah ini, mis. WordPress melalui alat instal 1-klik.

catatan Jangan gunakan kredensial yang sama untuk panel admin CMS dan hosting. Akun administrator hosting biasanya terlindungi dengan baik dan menggunakan metode otentikasi tambahan, sementara akses tidak sah ke CMS dapat diperoleh dengan memanfaatkan kerentanan zero-day. Jika penyedia hosting tidak memiliki opsi untuk mengaktifkan CMS dengan cepat, pelajari tutorial langkah demi langkah untuk WordPress.

Cara menginstal WordPress (panduan)

Mengetahui Cara Memulai Blog pastinya kamu harus tau juga cara menginstal WordPress nya, Panduan ini dimaksudkan untuk membantu menginstal WordPress pada layanan hosting baru (kosong)

  1. Unduh arsip dengan file WordPress dari situs web resmi.
  2. Hapus folder root hosting Anda dari file dan folder default untuk menghindari konflik. Kemudian buka paket arsip ke folder root server.
  3. Setelah pembongkaran yang benar, file dan folder dengan awalan wp- akan muncul di folder blog.
  4. Folder root adalah folder tertinggi dalam hierarki pengelola file. Biasanya, untuk proyek baru terbuka secara default, tetapi jika tidak, buka pengelola file dan klik Naik hingga mencapai level yang diinginkan.
  5. Buka blog di browser. Alih-alih halaman kosong, Anda sekarang akan diminta untuk mulai menginstal WordPress. Klik Ayo pergi.
  6. Jangan tinggalkan tahap ini tanpa pengawasan karena sejauh ini tidak ada manajemen pengguna, sehingga setiap orang yang tidak berwenang dapat mencoba untuk menyelesaikan instalasi. Jika tidak ada layar penyambutan, hapus folder root dan buka paket CMS lagi.
  7. Di WordPress, semua informasi dasar disimpan dalam database yang harus dikonfigurasi juga. Buka tab browser baru dan buka manajer DB. Buat pengguna DB baru dengan hak untuk membuat, membaca, dan menulis nilai ke database. Tautan ke manajemen basis data biasanya terletak di panel admin hosting.
  8. Dalam daftar umum tabel, buat database baru dan beri nama.
  9. Masukkan di bidang yang sesuai: Nama DB, nama pengguna, kata sandi dan klik Kirim.
  10. Klik Jalankan instalasi di jendela berikutnya. Jika tidak tersedia, maka Anda melakukan kesalahan saat menentukan data untuk terhubung ke database. Baca pesan kesalahan dan kembali ke langkah sebelumnya untuk memperbaikinya.
  11. Isi data identifikasi berikut: judul situs, nama pengguna, kata sandi, email (kami sarankan mendaftarkan email baru yang terpisah), kotak centang visibilitas mesin pencari. Kemudian klik Instal WordPress dan kemudian masuk.
Baca Juga :   100+ Contoh Niche Blog Yang Lagi Hits di Tahun 2021

Tahap penerbitan: Jenis blog

Cara Memulai Blog selanjutnya yaitu Pikirkan jenis konten setelah pengaturan teknis, atau sebaliknya, terserah Anda. Saya lebih suka mempelajari semua kemampuan CMS yang dipilih terlebih dahulu dan kemudian menentukan format blog. Mengembangkan gaya Anda sendiri akan sangat membantu dalam hal pengenalan pengguna. Misalnya, untuk blog pribadi, pandangan orang pertama (saya) sesuai, sedangkan blog berita akan menyatakan fakta dengan suara pasif (sesuatu terjadi). Contoh kecil saja.

Jenis utama blog :

1. Diary pribadi

Yang sudah dikenal semua orang. Meski popularitasnya menurun tajam karena kemunculan media sosial, media sosial masih digunakan oleh banyak orang untuk menandai peristiwa kehidupan, berbagi pengalaman, atau sekadar mengasah keterampilan menulis. Monetisasi buruk.

2. Berita

Penting untuk menentukan arah dan memposting subjek terlebih dahulu: teknologi, politik, perawatan kesehatan, dll. Biasanya disajikan dalam bentuk netral, tanpa penilaian pribadi. Opsi monetisasi bergantung pada audiens target. Misalnya, berita global memiliki audiens yang lebih besar, namun pengikut blog niche lebih aktif dalam hal donasi dan langganan.

3. Blog profesional

Lebih cenderung menghasilkan keuntungan, karena penulis menggunakannya untuk menunjukkan keahlian mereka di bidang tertentu serta titik interaksi dengan pelanggan potensial. Materi harus selalu informatif dan bermanfaat bagi pembaca.

4. Blog hobi

Mirip dengan blog profesional dalam hal fokus satu area, tetapi kurang ketat. Biasanya, ada komunitas aktif di sekitar tema: buku komik, musik, hiking, pariwisata, dll. Di sisi lain, monetisasi kurang mungkin, dan paling sering itu hanya sumbangan sukarela untuk membuatnya tetap bertahan.

5. Etalase

Jenis blog paling prospektif untuk monetisasi dan inilah alasannya. Konten biasanya melibatkan ulasan, peringkat komparatif produk, layanan, tempat, acara di berbagai bidang, sehingga mengundang minat dari bisnis dan perusahaan. Setelah sebuah blog mengumpulkan reputasi dan pengikut yang kuat, itu menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Permintaan iklan datang berbondong-bondong.

6. Blog konten tematik

Penulis dapat menerbitkan secara eksklusif atau mengizinkan konten yang dibuat pengguna dari orang-orang tepercaya. Pikirkan Buzzfeed atau media. Konten mungkin berisi file media (audio, video, gambar). Sering digunakan untuk mempromosikan barang atau merchandise dengan cara menghibur yang ringan.

Jenis Postingan Blog (konten)

Dasar dari situs apa pun adalah konten, dalam kasus blog kita berbicara tentang posting. Tahap ini biasanya menimbulkan masalah, karena blogger pemula tidak dapat menemukan sumber informasi dan memilih topik yang menarik untuk memulai sebuah blog. Kami telah menyusun daftar 10 jenis konten paling menjanjikan yang diharapkan dapat mencerahkan jalan seseorang.

Pendapat ahli

Untuk blog niche, pakar bidang/industri dipersilakan. Bahkan jika Anda sendiri adalah seorang ahli, mengundang orang lain menunjukkan keterbukaan. Lebih baik daripada komentar dari seorang ahli akan menjadi wawancara penuh. Podcast sedang meningkat tajam, baik audio maupun video. Cara termudah untuk pemula dalam blogging adalah dengan mengundang para ahli untuk membantah atau mengkonfirmasi pertanyaan populer dari area tertentu.

Contoh: Pendapat ahli, Wawancara, Mitos dan pertanyaan populer.

Pribadi

Berbagi kehidupan dan peristiwa pribadi penulis. Berhati-hatilah untuk tidak membagikan informasi pribadi: ID, alamat, keluarga, dll. Konten emosional paling sesuai dengan pengikut. Orang-orang terkenal dan pakar mengumpulkan lebih banyak pengikut di sekitar profil aktif mereka. Topik dapat berupa tips untuk memecahkan masalah, kisah awal bisnis, penurunan berat badan, pengembangan pribadi, ulasan film, dll.

Baca Juga :   Apa itu SEO, Mengapa Penting Untuk Website & Bisnis ?

Contoh: Buku harian pribadi, Nasihat, Pengalaman pribadi.

Tutorial, panduan, tips

Posting ini membutuhkan penelitian awal yang ekstensif dan teliti. Pertama-tama penulis harus menemukan masalah umum, dan kemudian memberikan solusi dalam bentuk panduan langkah demi langkah. Setiap langkah panduan harus ditulis dengan asumsi bahwa langkah-langkah sebelumnya telah diselesaikan dengan sukses. Salah satu bentuk panduan dapat berupa studi kasus, yang, dari sudut pemasaran memiliki nilai iklan yang baik.

Contoh: Panduan, Studi Kasus, Glosarium, Tutorial.

Daftar

Bagian terbesar dari konten evergreen milik daftar. Evergreen adalah jenis konten yang, jika ditulis dengan benar, tetap saja cocok untuk waktu yang lama. Buku fiksi ilmiah terbaik untuk dibaca pada tahun 2021, restoran yang harus dikunjungi di Nice, daftar periksa sebelum melakukan pendakian jarak jauh, daftar dengan lembar contekan – langit adalah batasnya, seperti yang mereka katakan.

Contoh: Daftar, Daftar Periksa.

Postingan interaktif

Untuk meningkatkan keterlibatan pengguna, blogger sering menawarkan hadiah untuk tindakan tertentu, terkadang bertepatan dengan hari libur (Natal) atau terkait dengan pencapaian blog (10K pelanggan). Untuk melacak posting, Anda dapat meminta pengikut untuk menggunakan tagar, karena Facebook, Twitter, Instagram dapat melacaknya. Jajak pendapat, survei, hadiah adalah salah satu pilihan populer.

Contoh: Survei, Kuis, Hadiah Gratis.

Opini

Untuk memposting pandangan Anda tentang berbagai hal atau membiarkan orang lain melakukannya dengan argumentasi. Katakanlah, Anda seorang penggemar olahraga, jadi Anda dapat mengomentari jenis olahraga, permainan, klub, berita favorit, dll., mengkritik atau memuji, menanyakan pendapat pembaca, mengundang tamu untuk berkomentar atau posting tamu untuk bereaksi terhadap acara tertentu . Postingan motivasi dan inspirasi juga cukup populer, menampilkan kisah sukses oleh orang-orang terkemuka.

Contoh: Surat Terbuka, Pos Syukur, Debat.

Hiburan

Menarik perhatian audiens paling banyak dan menahannya sampai tren mereda. Banyak pengunjung dijamin tetap sebagai pembaca biasa. Konten mungkin sembrono dan longgar, lucu dan ironis, dan bahkan bergosip, apa saja yang kamu suka.

Contoh: Teks lucu, Gambar lucu, Video lucu.

Acara dan berita

Postingan ini harus sering dilakukan agar tetap relevan, karena ada banyak hal yang terjadi setiap saat. Ada ratusan sumber konten juga: dari siaran pers politik resmi hingga akun media sosial. Dalam praktiknya, sulit untuk memelihara blog dengan banyak kategori berita yang berbeda. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap berpegang pada satu atau dua kategori.

Contoh: Berita, Acara dan hari libur, Pilihan topik.

Jawaban

Jutaan orang bertanya di Google setiap hari. Untuk sebagian besar, mereka mencari apa yang terbaik dan apa yang gratis, serta bagaimana melakukan hal X. Tentu saja, halaman dengan jawaban sangat diminati. Penting untuk membuat judul dan deskripsi yang paling cocok dengan kueri penelusuran. Jawaban terperinci, penjelasan, kiat, dan tautan ke sumber resmi juga harus. Salah satu bentuknya adalah FAQ dari vendor produk atau jasa. Video tutorial juga menjadi kuat.

Contoh: FAQ, Resep, Solusi.

Ulasan

Hari ini ada kesempatan untuk memberikan ulasan tentang segalanya: tempat (TripAdvisor), hotel (Pemesanan), produk (Amazon). Tetapi ulasan terperinci dan ahli yang menawarkan lebih dari sekadar “baik” atau “buruk” dari peringkat pengguna banyak dicari. Pengalaman pribadi adalah faktor penting. Secara umum, ulasan apa pun harus menyertakan deskripsi semua momen interaksi dengan subjek ulasan, aspek terbaiknya, dan kiat pengguna. Tinjau satu hal, bandingkan beberapa produk serupa, atau kompilasi daftar terbaik, terserah Anda.

Contoh: Perbandingan, Pengalaman pengguna, Keunggulan sesuatu.

Merencanakan strategi konten ke depan, dengan posting, tanggal, draf, metrik pengguna, dll., dapat membantu mengatasi krisis kreatif di sepanjang jalan. Seiring waktu, Anda pasti akan membangun audiens dan menemukan jenis posting dan gaya yang tepat.

Cara mempublikasikan postingan di WordPress

1.Buka halaman blog Anda (myblog.com/wp-admin). Tambahkan /wp-admin ke bilah alamat untuk masuk ke formulir login.

2.Masukkan login administrator dan kata sandi untuk WordPress.

3.Pilih Post- Add New untuk membuka editor posting.

4.Tambahkan konten artikel – judul, isi, gambar. Klik Publikasikan.

Analisis, monetisasi, pemeliharaan

Salah satu tantangan blogging adalah ketidakmampuan untuk secara akurat memprediksi reaksi audiens dan pertumbuhan suatu proyek. Mengumpulkan data tentang perilaku dan keterlibatan pengguna sangat berharga. Pemilik blog dapat menerapkan berbagai alat analisis: Google Analytics, plugin pihak ketiga (MonsterInsights), aplikasi khusus.

Google Analytics didukung oleh sebagian besar CMS modern, gratis dan relatif mudah untuk diintegrasikan. Tanpa memengaruhi kecepatan pemuatan halaman, ini mengumpulkan data seperti jumlah kunjungan, perangkat/platform pengguna, lokasi/negara, waktu yang dihabiskan di halaman, dll.

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

Check Also

Teknik SEO

Teknik SEO Yang Disukai Oleh Google, Blogger Wajib Baca !

Teknik SEO – Halo Sobat Tekno di artikel sebelumnya kita sudah membahas Apa itu SEO …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *