ADVAN G5 Elite

11 Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite : Gak Nyangka Banget!

Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite Halo Guys! kali ini kita akan memberi keterangan berkenaan sangkut-paut Advan G5 Elite. Nama “Elite” di sini tidak untuk disimpulkan Varian pro dari G5. Malah, Advan G5 Elite ini sebagai versi Lite dari Advan G5 reguler.

Walau sebenarnya sama seperti yang telah kita kenali, Advan G5 sendiri saja telah dibandrol dengan harga Rp1 juta-an yang demikian murah. Saat ini, warga Indonesia malah melirik varian HP yang lebih murah lagi, cuman dengan harga Rp1,1 juta. Apa HP ini pantas dibeli? Yuk baca 10 kelebihan dan kekurangan Advan G5 Elite di bawah sebagai bahan pemikiran!

Harga Advan G5 Elite 2021 Terkini

Semenjak awalnya, Advan masih tetap setia tawarkan produk dengan harga yang sangat terjangkau untuk warga Indonesia. Tidak kecuali pada seri yang akan kita bahas ini.

Mencuplik info dari web resmi Advan Indonesia, Harga Advan G5 Elite 2021 dibandrol Rp 1,1 juta saja. Harga yang termasuk murah untuk HP yang didambakan beberapa orang, ya nggak?

Spesifikasi Advan G5 Elite

ADVAN G5 Elite

  • Layar : IPS LCD 6.1 inches
  • Chipset : UNISOC SC9832E
  • CPU : Quad-core 1,4 GHz
  • GPU : Mali-T820 MP1
  • RAM : 3 GB
  • Memori Internal : 16 GB
  • Memori Eksternal : microSD(dedicated slot)
  • Kamera Belakang : 5 MP
  • Kamera Depan : 2 MP
  • Baterai : Non-removable Li-Po 3000 mAh baterai

Baca Juga : Hp di Bawah 1 Jutaan

Kelebihan Advan G5 Elite

Seperti apa kelebihan yang dipunyai Advan G5 Elite? Yang mana lebih worth it daripada HP ini dan Advan G5 reguler? Yuk dibaca beberapa poin kelebihan berikut!

1. Pilihan Warnanya yang Aesthetic

Advan G5 Elite Varian Warna

Walau Advan sebagai perusahaan smartphone dengan harga yang paling murah, penampilan design body belakang sering menjadi perhatian. Walau tidak tawarkan body yang seperti iPhone 11 Pro seperti Advan G5, tetapi variasi Elite ini masih tetap tampil elok dengan opsi berwarna yang bernuansakan chic.

Variasi warna nya terdiri jadi tiga. Ada warna biru tua, hitam, dan warna biru laut. Nah, warna biru laut berikut yang menjadikanya demikian unik karena menawarkan warnayang soft sehingga memberi atmosfer anak kekinian yang aktif dan modis.

2. RAM Cukup Gede untuk Smartphone Sekelasnya

Advan G5 Elite Spesifikasi

Di harga yang cuman sedikit di atas Rp1 juta, ternyata Advan G5 Elite masih tetap memperhatikan keperluan pemakainya akan RAM yang besar. Bukannya menyediakan RAM 1 atau 2 GB seperti beberapa kompetitornya (misalnya Infinix Hot 9 Play yang memakai RAM 2 GB), kalian juga dapat mengerjakan kegiatan lebih lancar karena RAM memiliki 3 GB. Pasti RAM ini tidak datang sendirian, terpasang memori internal dengan kemampuan 16 GB pada type memori eMMC 5.1.

3. Sudah Dilengkapi dengan Face ID

Face ID Advan G5 Elite

Sebagai handphone yang dikeluarkan di akhir tahun 2020, Advan tidak punya argumen tidak untuk mendatangkan mekanisme keamanan kunci yang ringkas dan cepat. Siapa kira, di harga yang murah, Advan G5 Elite diperlengkapi feature pengenalan muka atau yang umum disebut dengan Face ID.

Dengan ini, buka kunci layar juga hanya cukup dengan arahkan kamera depan ke muka dan layar akan terbuka secara saat itu juga. Tidak perlu memercayakan PIN dan pattern.

4. Layar yang Lebar

Layar Lebar Advan G5 Elite

Layar sudah pasti sangat penting, sebagai bagian hp yang paling sering dilihat oleh mata. Advan G5 Elite juga tawarkan layar yang ukuranya lumayan besar, di angka 6,1 inch. Harus diingat ya guys, emang tidak dapat dibanding-bandingkan dengan HP Rp2 juta-an yang rata-rata telah lebih dari 6,5 inch.

Di bentang harga, layar 6,1 inch berasa cukup cocok. Dan karena tidak besar, resolusinya yang memakai HD Plus (720p) juga cukup pantas untuk tampilkan content visual dengan ketajaman baik.

5. Sim Card 3 Slot

SIM Card 3 Slot Advan G5 Elite

Advan G5 Elite memang punya RAM yang besar dalam kelasnya, tetapi memori internalnya termasuk kecil bro. Permasalahannya, dengan ukuran memori intern hanya 16 GB, jumlah aplikasi tentu benar-benar terbatas, apa lagi jika harus dipisah dengan file-file individu yang lain seperti video, photo, dan document.

Nah tapi gak perlu cemas. Advan G5 Elite ini menawarkan slot untuk memori eksternal secara terpisah. Hingga, ada tempat khusus untuk menyimpan file-file, tak perlu mempertaruhkan kartu SIM ke-2 , dan memori internal juga dapat diperuntukkan untuk memuat aplikasi saja.

6.  Harganya yang Murah

Ya tentu saja ini menjadi kelebihan HP satu ini, yang hemat dan pas dikantong. cocok banget buat kalian yang sedang mencari HP murah untuk pemakaian normal. untuk harga 1 jutaan, Hp ini cukup Worth it ya guys

Kekurangan Advan G5 Elite

Selainnya dari beberapa kelebihan di atas, seharusnya baca juga beberapa kekurangan Advan G5 Elite berikut ini supaya punya deskripsi yang lebih lengkap.

1. Masih Menggunakan Bluetooth 4.2

Sambungan pada Advan G5 Elite sebetulnya lumayan komplet, meskipun tidak menyediakan infrared dan port pengisian energinya juga masih gunakan microUSB. Selainnya didatangkan dengan G Sensor yang disebut sensor accelerometer, piranti ini juga memungkinkannya pemakainya untuk lakukan transfer file lewat Bluetooth.

Tetapi, Versi Bluetooth pada Advan G5 Elite hanya Bluetooth 4.2, cukup ketinggalan dibanding dengan beberapa kompetitornya yang telah kantongi Bluetooth 5.0. Memang apakah beda?

Ini. Bluetooth sebagai sistem data transfer secara jarak jauh, dan Bluetooth 4.2 ini memiliki batas jarak yang 4x lipat lebih sempit daripada Bluetooth 5.0. Kecepatan transfer Versi 5.0 juga pasti lebih unggul. Jika kalian ingin memakai headset nirkabel di HP ini, tidak boleh bingung jika delay-nya cukup kronis.

2. Gak ada Sensor Sidik Jari

Sensor Sidik Jari Advan G5 Elite

Perlu dianggap jika Face ID tidak selama-lamanya lebih baik dibandingkan sensor sidik jari. Masalahnya sensor pada kamera depan belum pasti dapat mengenali muka secara baik pada keadaan yang minim pencahayaan. Dan , memakai Face ID di saat memakai masker gak selamanya berjalan dengan baik.

Karena itu, baiknya sihh tiap handphone ikut diberi sensor fingerprint scanner baik itu tempatnya di belakang, samping, atau tertancap dalam layar. Advan G5 Elite, sayang banget, nggak diberi fitur kunci layar ini.

Dan kita juga tidak dapat terus-terusan mentolerir kekurangannya karena hanya harga yang murah, karena Infinix Hot 9 Play yang ada di harga yang tidak berbeda jauh telah Tersedia dengan sensor sidik jari di belakang.

Ketertarikan warga Tanah Air pada sensor sidik jari lumayan besar. Mudah-mudahan yang akan datang, Advan dapat menambah sensor sidik jari untuk beberapa produk keluaran terkini yang lain kelak.

3. Baterai yang Kalah Bersaing

Untuk dapat jalan dengan durasi waktu yang lama, tiap handphone sepantasnya didatangkan dengan baterai yang kemampuannya mendukung. Nach, untuk kalian yang ingin memiliki Advan G5 Elite, kelihatannya harus selalu melakukan aktivitas dengan bawa power bank. Masalahnya kemampuan HP ini cuman sejumlah 3.000 mAh saja. Jauh kalah dengan beberapa kompetitornya di harga Rp1 juta-an.

Seperti Redmi 9A misalnya, walau harga Rp1 juta-an tetapi telah diberi baterai 5.000 mAh. Bahkan juga Infinix Hot 9 Play saja punya baterai 6.000 mAh. Kecilnya kemampuan baterai Advan G5 Elite makin diperburuk dengan tidak ada fast pengisian dan masih memakai microUSB sebagai port pengecasannya.

4. Hanya Punya Dual Kamera

HP tanpa kamera? bagai sayur tanpa garam. Tenang saja, meskipun Advan G5 Elite ini ada di harga yang demikian murah, perangkat ini didatangkan dengan kamera belakang dan depan. Namun, kamera belakangnya cuman menyediakan Dual Kamera, berlainan dengan Advan G5 yang Triple Kamera.

Kamera intinya memiliki resolusi 5 MP, dan tidak diketahui lensa pengiringnya punya resolusi sebesar apa. Peluang, lensa ke-2 nya ini hanya dekorasi hingga kekuatan kamera HP cuman memercayakan satu lensa saja. Walau cuman dua, modul cameranya ini diatur semestinya modul Triple Kamera . Maka, tidak begitu seperti terlihat HP murah.

5. Peforma yang Belum Memadai Buat Gaming

Untuk fans berat mobile games, hal ini mungkin akan sangat mengecewakan kalian dikarenakan tipe chipset yang digunakan Advan G5 Elite. Ini sebetulnya bukanlah hal baru, rerata produk smartphone atau tablet Advan di 2021 memang di-launching memakai chipset dari Unisoc.

Advan G5 memakai Unisoc SC9832 yang didalamnya terdapat delapan pokok ARM Cortex A55 pada clock speed 1,6 GHz. Sedikit di bawahnya, Advan G5 Elite memakai Unisoc SC9832E. Masih tawarkan cluster ARM Cortex A55, tetapi sekarang dengan kecepatan yang menyusut jadi 1,4 GHz.

Akhirnya, kekuatannya dalam menjalankan games juga pasti jadi menyusut. Kemungkinan kalian cuman dapat mainkan sedikit games enteng seperti Subway Surfer, Candy Crush, atau yang sejenisnya. Tetapi, kelihatannya tidak dianjurkan untuk mainkan Mobile Legend apa lagi PUBG M memakai handphone ini.

Kesimpulan

Baik itu Advan G5 atau Advan G5 Elite, ke-2 nya masih memakai chipset Unisoc. Hal inilah yang membuat ke smartphone ini kurang disukai oleh kebanyakan orang. tapi kalau dilihat dari harganya nih, berasa wajar Advan G5 Elite dibandrol dengan harga Rp1,1 juta.

Walau begitu, masih tetap ada banyak patokan yang membuat kalah saing, seperti bidang baterai, Versi Bluetooth, dan perform. Kelihatannya Advan G5 reguler akan berasa lebih worth it, minimal telah menyajikan memori internal lebih dan RAM semakin besar. , batterynya juga nyaris 2x lipat semakin besar.

Toh, Advan G5 saja sekarang harganya udah turun dan nyaris setara dengan harga Advan G5 Elite. Tetapi, balik lagi ke opsi masing-masing ya bro. sekian dulu pembahasan kita mengenai Kelebihan dan Kekurangan Advan G5 Elite

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian dalam memilih HP dengan Harga 1 Jutaan

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang berbagi segala hal tentang teknologi

Check Also

Itel Vision 1

11 Kelebihan dan Kekurangan itel Vision 1 : Wajib Tau Sebelum Beli !

Kelebihan dan Kekurangan itel Vision 1 – Halo sobat Tekno Advisor, kali ini kita akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *