Cara Menghemat Kuota Internet yang Bisa Kamu Coba

Kuota internet jadi cepat habis di masa pandemi ini? Hal itu memang gak bisa dipungkiri, karena semua kegiatan yang harus dilakukan dari rumah, seperti WFH, belajar dari rumah, berkomunikasi dan mencari hiburan, semuanya memerlukan kuota internet.

Jangan khawatir, Telunjuk bakal kasih kamu 10 tips untuk menghemat kuota internet paling gampang dan ampuh yang bisa kamu coba! Berikut tips-tipsnya:

1. Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Banyak yang tidak menyadari kalau Maps pada smartphone dapat menguras kuota internet dengan cepat. Apalagi kalau kamu menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-tun direction, melihat traffic secara real time dan lainnya. Kamu bisa ubah fitur maps ke mode offline dengan fitur `Save map to use offline’ untuk Android. Sedangkan untuk iOS, kamu tinggal mengubah mode ke flight mode.

2. Pakai Browser yang Lebih Efisien

Browser default bawaan dari smartphone juga banyak mengambil kuota internet. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini atau Google Chrome. Browser ini dipercaya mampu menyimpan kuota data internet dengan mengompres website yang dikunjungi. Sehingga mengurangi proses buffering dan mengoptimalkan kualitas gambar tanpa menyedot kuota internet yang besar. Caranya, buka pengaturan pada chrome, lalu pilih Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

Baca Juga :   Inilah 11 Penyebab Mengapa Wifi Lemot

3. Gunakan Aplikasi Mailbox untuk Email

Kamu bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox untuk keperluan email di Android dan iOS. Mailbox mampu menyimpan data yang seharusnya tidak tersedot ketika menggunakan email. Dengan begitu, kuota internetmu bisa dihemat.

4. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya

Kamu bisa batasi penggunaan mobile data dengan mengaktifkan fitur data usage warning dan limit system. Sehingga kamu akan mendapatkan peringatan saat pemakaian kuota internet sudah melampaui batas. Masuk ke settings, kemudian pilih data usage, pilih cellular data dan set cellular data limit untuk mengaktifkannya.

5. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan

Banyak juga yang tidak menyadari kalau smartphone ternyata melakukan sinkronisasi otomatis yang membuat kuota internet terambil secara langsung. Kamu bisa mematikan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang jarang kamu gunakan. Caranya, masuk ke menu Settings, pilih Accounts, kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Cara ini bisa menghemat penyedotan kuota yang tidak disadari.

6. Hanya Update Aplikasi / OS dengan WiFi

Terkadang beberapa aplikasi yang membutuhkan update, secara otomatis melakukan pembaruannya dengan menggunakan kuota yang kita miliki. Juga ketika melakukan update Operating System, biasanya akan memakan kuota yang tak sedikit. Untuk mengatasinya, ubah pengaturan update aplikasi ataupun OS hanya saat terhubung dengan jaringan WiFi saja ya!

7. Periksa Aplikasi yang Menguras Kuota

Cara mengecek aplikasi yang menguras banyak kuota, kamu tinggal buka Settings, klik Data Usage, dari situ terlihat aplikasi mana saja yang menghabiskan kuota paling banyak. Kalau memang benar-benar dibutuhkan, kamu bisa uninstall aplikasi yang sekiranya tidak sering digunakan. Atau bisa juga ganti aplikasi dengan yang lebih ringan.

Baca Juga :   Mengenal 4 Sistem Perdagangan di Internet

8. Gunakan Aplikasi Alternatif yang Lebih Ringan

Medsos seperti Instagram, Facebook, dan Twitter juga bisa memakan banyak kuota, lho. Misalnya, fitur Live atau InstaStories di Instagram, ternyata menghabiskan kuota yang tidak sedikit saat kamu menontonnya. Solusinya, kamu bisa coba pakai aplikasi alternatif sejenis yang lebih ringan, misalnya Facebook Lite, TweetCaster dan yang lainnya.

9. Subscribe Aplikasi Streaming yang Bisa Dinikmati Secara Offline

Di beberapa aplikasi seperti Spotify Premium misalnya, kamu bisa mengunduh musik/podcast favoritmu sehingga dapat didengarkan secara offline. Cara ini membantu kamu untuk tetap bisa menikmati musik dan podcast berulang kali dengan lebih hemat kuota.

10. Matikan Paket Data Internet saat Tidur atau Sedang Tidak Dibutuhkan
Salah satu cara yang simple dan mudah banget! Matikan kuota / paket data internet saat kamu tidur atau sedang tidak kamu butuhkan. Tanpa kita sadari, beberapa aplikasi tetap berjalan dan menghabiskan kuota yang kita punya. Selain itu, smartphone kamu juga bisa lebih hemat baterai.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.