Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak Penting Dipahami, Apa Saja?

Ciri-ciri port charger iPhone rusak penting untuk dipahami para penggunanya. Aktivitas mengeluarkan dan memasukkan kabel charger dari lubang konektor HP berpotensi membuat lubang tersebut menjadi longgar.

Bahkan lubang konektor bisa rusak atau tidak bisa sama semaki Anda gunakan.

Tentu kondisi ini dapat membuat Anda repot dengan konektor atau port charger yang rusak, maka Anda tidak dapat mengisi daya baterai Anda dengan baik.

Mengetahui Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak
Mungkin Anda pernah mengalami masalah charging baterai yang tidak berfungsi sehingga perangkat iPhone tidak bisa mengisi daya.

Saat mengalami masalah ini, Anda perlu memastikan komponen mana yang mengalami masalah. Mulai dari cek kondisi kabel USB, adaptor charger, atau bisa juga port charger yang mengalami masalah.

Lubang charger atau port charger pada iPhone memang cukup jarang mengalami masalah. Sebaliknya, masalah sering datang dari aksesoris seperti kabel atau earphone yang disambungkan.

Meskipun demikian, kemungkinan port charger mengalami kerusakan bisa saja terjadi.

Oleh karena itu, saat perangkat iPhone Anda tiba-tiba tidak terisi daya saat proses pengisian, maka pastikan kembali apakah kabel atau port charger yang mengalami masalah.

Berikut ciri-ciri port charger pada iPhone yang rusak, antara lain:

Port Charger Kotor
Sebagian besar charger iPhone saat ini menggunakan Lightning USB, sedangkan untuk perangkat iPhone keluaran terbaru sudah menggunakan USB Type-C.

Pada umumnya port charger iPhone dalam kondisi rusak memiliki ciri-ciri konektor yang kotor atau bahkan longgar pada saat Anda gunakan. Port charger yang kotor karena adanya debu dapat mengganggu pengisian daya.

Debu yang menumpuk pada konektor atau port charger dapat menghalangi arus listrik pada perangkat iPhone serta pin charger pada kabel USB.

Hal ini membuat charger tidak dapat Anda gunakan. Pengisian daya pun tidak dapat berlangsung secara maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan port lightning pada perangkat iPhone dalam beberapa langkah. Pertama siapkan kain tipis yang bersih dan halus.

Selanjutnya bersihkan setiap celak port lightning secara seksama. Kemudian tiup port lightning dengan menggunakan mulut atau blower kecil.

Apabila kondisi sudah bersih, maka Anda dapat mencoba untuk mencolokkan kabel charger ke perangkat iPhone kembali.

Kabel Charger Mudah terlepas/ Konektor Longgar
Salah satu tanda yang menunjukkan port charger Anda mengalami kerusakan adalah kabel charger yang sangat mudah terlepas atau sudah terpasang pada konektornya.

Namun sebenarnya tidak sepenuhnya hal ini menandakan port charger iPhone dalam keadaan rusak.

Bisa jadi karena Anda kurang pas menancapkan kabel charger tersebut. Justru salah satu penyebab port charger iPhone rusak atau longgar adalah adanya kebiasaan memasang kabel charger secara asal-asalan.

Port charger iPhone dengan ciri-ciri longgar dapat Anda atasi dengan memanfaatkan jarum yang paling kuat. Cari lubang pada port charger, kemudian masukkan jarum ke lubang tersebut.

Goyang-goyangkan jarum ke kiri dan ke kanan, atas bawah untuk meluruskan lagi port charger seperti semula. Pastikan kembali port charger berada di tengah serta tidak bengkok atau miring.

Jika port charger sudah kembali normal, silahkan melakukan pengisian daya pada perangkat iPhone Anda.

Baterai Berkurang saat Proses Charging
Ciri-ciri port iPhone rusak selanjutnya adalah baterai yang berkurang saat proses charging berlangsung. Ini artinya, charger memang tidak mengisi sebagaimana mestinya. Hal sebenarnya dapat terjadi karena banyak hal, salah satunya port charger yang rusak.

Charger Tidak Mengisi Sama Sekali
Kerusakan parah yang dapat terjadi pada charger iPhone dapat ditandai dengan charger yang tidak mengisi sama sekali.

Pastikan terlebih dahulu letak kerusakan yang mungkin terjadi. Bisa jadi kerusakan terjadi pada kabel data, kepala charger, atau port chargernya.

Kemasukan Air
Ciri-ciri port charger iPhone dalam keadaan rusak berikutnya adalah jika komponen tersebut kemasukan air. Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera matikan perangkat iPhone tersebut.

Kemudian tunggu hingga lubang konektor benar-benar dalam keadaan kering, baru kemudian mencoba menyambungkannya kembali.

Jika dalam beberapa hari port charger masih tidak dapat berfungsi, maka komponen tersebut benar-benar dalam keadaan rusak yang memerlukan perbaikan khusus.

Setelah mengetahui ciri-ciri port charger iPhone rusak di atas, Anda dapat mencoba mengatasi permasalahan tersebut sendiri. Sebaiknya gunakan sumber listrik terbaik untuk memperoleh hasil pengisian daya maksimal.

Sumber listrik yang disarankan adalah langsung dari stop kontak bukan dari power bank atau perangkat laptop. Pastikan pula untuk menggunakan adapter serta kabel original dari Apple.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.